Selasa , 22 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / Tas Ransel Mahasiswa UMY Ini Bisa Diubah Jadi Meja Laptop

Tas Ransel Mahasiswa UMY Ini Bisa Diubah Jadi Meja Laptop

YOGYAKARTA – Laptop, notebook, netbook sudah menjadi bagian dari kebutuhan banyak kalangan karena praktis, bisa dibawa kemana saja. Namun, sebagian orang menggunakan laptop dengan cara dipangku di atas paha. Peneliti India, yaitu Aanchal dan Bagai, menemukan bahwa penggunaan laptop dengan cara dipangku, dapat menyebabkan penurunan kualitas atau motilitas sperma bagi pria. Hal ini mendorong lima mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menciptakan sebuah media penggunaan laptop yang aman, nyaman, dan praktis, yang dinamai TOP-BAG.

Mereka adalah Rahmad Umar, M.Garry Syahrizal Hanafi, Dondi Dwirekyan, Ari Rahayu Widianingrum, dan Priaji Herhutomosunu, dari jurusan Kedokteran Gigi dan Teknik Sipil.

Rahmad Umar menjelaskan, TOP-BAG merupakan sebuah tas ransel yang memiliki meja berukuran sedang yang dapat digelar untuk menjadi meja laptop. TOP-BAG, lanjutnya, memiliki dua bagian pokok, yaitu bagian ransel dan bagian meja yang terletak di bagian belakang tas.

“TOP-BAG ini sudah kami desain sedemikian rupa sehingga memiliki desain ekonomis. Bagian belakang sumbu atau tiang penyangga mejanya sudah dilengkapi bahan pelindung berupa busa, sehingga akan nyaman ketika digunakan,” terangnya.

Tahapan membuat TOP-BAG terdiri dari pembuatan dasar meja, pembuatan tiang penyangga, pemasangan tiang penyangga, pegangan, dan penahan keseimbangan, dan memodifikasi tas. Untuk membuat TOP-BAG itu sendiri tidak begitu sulit, dan bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatannya pun mudah untuk diperoleh.

“Bahan-bahan dalam pembuatan TOP-BAG itu sendiri mudah kami dapatkan. Selain itu, bahan yang digunakan dalam pembuatan TOP-BAG itu sendiri adalah baja ringan, sehingga tidak memberatkan ketika TOP-BAG dibawa kemana-mana,” jelasnya. (UMY/IK-SS)

Check Also

Asteroid Apophis Diperkirakan akan Tabrak Bumi

Edupost.id – Asteroid Apophis besar berukuran 400 meter berada dalam daftar benda-benda dekat Bumi yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *