Kamis , 19 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Tedi Smart Karya UGM, Solusi Tepat Saat Anak Panas
Tedi-Smart-karya-UGM-solusi-tepat-saat-anak-panas
Tedi Smart Karya UGM, Solusi Tepat Saat Anak Panas (foto: UGM)

Tedi Smart Karya UGM, Solusi Tepat Saat Anak Panas

Edupost.id – Saat anak demam, orangtua sering panik sehingga memberi penanganan yang kurang tepat. Hal tersebut mendorong mahasiswa Ilmu Keperawatan UGM menciptakan Termometer Digital-Smart yang terintegerasi dengan smartphone yang dinamai Tedi Smart.

Para pencipta alat itu yakni Hanif Eka Cahyani dan Siti Intan Nurhasanah,, Fuad Chariri dan Thomas Tri Hari Prihantoro, serta seorang mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi, Azizul Musyafa Nuryanto.

“Termometer digital ini akan terintegerasi dengan aplikasi Tedi Smart yang ada di smartphone. Dalam aplikasi tersebut akan tertera hasil pengukuran suhu tubuh, dan orang tua bisa langsung mendapatkan penjelasan penanganan saat suhu tubuh anak tidak berada di rentang normal,” jelas Siti.

Aplikasi ini juga dilengkapi informasi mengenai keadaan anak yang perlu dirujuk segera ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penangan yang tepat, seperti petunjuk pemberian obat demam, modifikasi lingkungan yang dapat menurunkan demam anak, serta pemberian nutrisi makanan yang sesuai menurut usia anak.

Termometer Tedi Smart dibuat dengan desain yang menarik dan aman. Bentuk termometer dibuat menyerupai boneka beruang, sehingga diharapkan anak tidak merasa takut saat diukur suhu tubuhnya. Termometer ini juga dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi daya menggunakan charger, sehingga tidak perlu mengganti baterai secara manual.

“Kami juga membuat kompres Tedi Smart dengan harga yang terjangkau. Bahannya dibuat dari kain yang lembut dilengkapi tali pengait sehingga anak dapat tetap leluasa untuk bergerak ketika dalam kondisi sakit sekalipun,” paparnya. (UGM/ IK-SS)

Check Also

UGM Siap Lakukan Lompatan Wujudkan Kejayaan Indonesia

UGM Siap Lakukan Lompatan Wujudkan Kejayaan Indonesia

Edupost.ID – Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, mengatakan UGM siap melakukan lompatan besar menyongsong kejayaan Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *