Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Tiga Mahasiswanya Tewas, Rektor UII Mundur dari Jabatannya
Universitas Islam Indonesia (UII)
Universitas Islam Indonesia (UII)

Tiga Mahasiswanya Tewas, Rektor UII Mundur dari Jabatannya

Edupost.ID – Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Harsoyo menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya. Keputusan ini menurutnya sebagai bentuk pertanggungjawaban atas meninggalnya tiga mahasiswa peserta Diksar The Great Camping (TGC) Mapala UII beberapa waktu lalu.

“Saya mengundurkan sebagai rektor UII sebagai tanggung jawab moral. Ada hal-hal yang harus dilakukan sehingga terpaksa saya tangani dulu karena harus disaksikan. Kesalahan bukan pada anak buah tapi pada pimpinan,” ujar Harsoyo dalam jumpa pers di Yogyakarta, Kamis (26/1).

Harsoyo juga meminta maaf kepada orang tua mahasiswa peserta latihan dasar Mapala Unisi dan orang tua mahasiswa yang meninggal dunia dalam kegiatan itu. Harsoyo mengakui insiden ini merupakan hal yang fatal dan membuat civitas akademika UII syok. Padahal sebelumnya, insiden seperti ini tak pernah terjadi di kampusnya.

“Kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Kami tak pernah berharap seperti ini. Mapala didirikan UII pada 1974. Kejadian memilukan baru terjadi kali ini. Civitas akademika syok. kecelakaan fatal pun belum pernah terjadi,” katanya.

Meskipun telah mundur dari jabatannya sebagai Rektor, Harsoyo berkomitmen akan terus membantu untuk pengungkapan kasus yang menewaskan tiga mahasiswa UII tersebut.

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa pecinta alam (mapala) Universitas Islam Indonesia (UII) meregang nyawa diduga karena mengalami kekerasan saat menjalani diksar bertajuk “The Great Camping” di Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tersebut. Ketiganya yaitu Muhammad Fadli (19), Syaits Asyam (19), dan Ilham Nurfadmi Listia Adi (20).

Terkait kasus ini, UII telah membentuk tim investigasi untuk mengungkap kasus tersebut. Selain itu, pihak Polres Karanganyar juga telah meminta keterangan dari sejumlah pihak termasuk para peserta diksar. Selain itu, UII telah membekukan Mapala Unisi secara kelembagaan untuk jangka waktu yang belum ditentukan. (Andi)

Check Also

Universitas Islam Indonesia (UII)

10 Mahasiswa UII Ikut Student Exchange di Malaysia

Edupost.id – Sepuluh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) mengikuti program Student Exchange …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *