Jumat , 22 September 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Barunastra ITS Juarai Kompetisi Roboboat di Virginia
Institut Teknologi Surabaya (ITS)
Institut Teknologi Surabaya (ITS)

Tim Barunastra ITS Juarai Kompetisi Roboboat di Virginia

Edupost.id – Tim Barunastra dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menduduki peringkat tiga dalam kompetisi Roboboat di Virgia, Amerika Serikat, (10/7). Prestasi ini tidak diraih dengan mudah, saat uji coba tim ini sempat hanya berhasil satu misi dari lima misi yang harus dilakukan.

Lima misi yang diberikan yaitu navigasi, menghindar dari bola acak, docking, pengambilan gambar bawah air, dan mendeteksi frekuensi bawah air. Dari kelima misi tersebut awalnya Barunastra hanya berhasil pada misi navigasi.

“Setelah lolos inspeksi kami melakukan free trial. Dari sana kapal kami error karena medan kompas di Indonesia dan Amerika berbeda,” ungkap Darwin Setiyawan, Ketua Tim.

Mengetahui hal tersebut, Darwin beserta tim langsung memperbaiki kompas. “Awalnya kami menggunakan kompas eksternal lalu kami rubah dengan kompas dari Android dan diintegrasikan dengan gyro,” ujar Darwin.

Selanjutnya tim berhasil melewati seluruh misi kecuali misi pengambilan gambar bawah air. “Kami memiliki kendala pada remotely operated vehicle-nya,” terang Darwin.

Barunastra berhasil meraih juara tiga di bawah Institut Teknologi Georgia dan Universitas Florida Atlantic. Secara berurutan kedua perguruan tinggi tersebut menduduki peringkat satu dan dua. Pada kompetisi ini ITS menjadi nomor satu se-Indonesia yang menduduki peringkat kelima. (ITS/ IK-SS)

Check Also

ITS Borong Dua Gelar Juara di Ajang NUDC 2017

ITS Borong Dua Gelar Juara di Ajang NUDC 2017

Edupost.id – ITS mendapat dua gelar juara dalam kompetisi debat Bahasa Inggris, National University Debating …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *