Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Bimasakti UGM Capai Poin Tinggi di Student Formula Japan

Tim Bimasakti UGM Capai Poin Tinggi di Student Formula Japan

Edupost.id – Pada perhelatan Student Formula Japan 2017, pada 5-9 September 2017 di Ecopa Stadium, Shizuoka, Jepang, Tim Bimasakti Pertamina UGM berhasil menorehkan poin yang tinggi di tahap Static Event. Rifqi Taufik Alhakim selaku Team Captain, mengatakan, capaian Bimasakti pada perolehan poin Static Event meningkat tajam dibanding tahun sebelumnya.

Disebutkan Rifqi, pada Cost & Manufacturing Event Bimasakti mendapat peringkat 45 dari 98 tim. Selain itu, pada Design Event, menduduki peringkat 31 dengan poin 77, yang merupakan perolehan tertinggi di antara tim Indonesia lainnya. Pencapaian yang paling utama adalah peningkatan prestasi pada Business Presentation, yaitu salah satu tim dengan 5 poin tertinggi.

Selanjutnya, Tim Bimasakti berhasil melewati Technical Inspection di hari kedua perlombaan dan berhak maju ke tahap Dynamic Event yang terdiri dari Acceleration, Skid Pad, Autocross, Endurance dan Efficiency. Pada tahap Dynamic Event tahun ini, kata Rifqi, Tim Bimasakti mengalami kenaikan poin yang signifikan dibanding tahun lalu.

“Setelah lolos Technical Inspection yang ketat, Bimasakti mengawali Dynamic Event dengan mengikuti Acceleration Event dengan catatan waktu 5,962 detik. Kemudian dilanjutkan dengan Skid Pad Event dengan catatan waktu 10,830 detik. Pada event ini, mobil Bimasakti mengalami kenaikan poin yang signifikan dari 2,5 poin pada tahun sebelumnya menjadi 42,45 poin,” terang Rifqi Taufik Alhakim selaku Team Captain, Selasa (12/9).

Sevelumnya, pada tahap technical inspection tim ini mampu menyelesaikannya dalam waktu 1,5 hari. Hasil ini menjadi hasil yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Pada kategori ini di tahun lalu, tim Bimasakti harus melakukan berbagai tes secara berulang kali dan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Pada Autocross Event, kata Rifqi, mobil BM-6 mencatat waktu1:05:123. Catatan waktu ini menjadi catatan terbaik sepanjang sejarah mengikuti kompetisi Student Formula Japan. Autocross Event adalah event yang menentukan posisi tim pada Endurance Event. Bimasakti merupakan salah satu dari dua tim Indonesia yang berhasil maju ke tahap ini.

Sayangnya, meski telah mempersiapkan diri sebaik mungkin, tim ini mengalami permasalahan di Endurance Event . “Setelah melewati 9 dari 20 Lap yang seharusnya diselesaikan, mobil BM-6 mengalami problem teknis sehingga tidak bisa menyelesaikan event ini sepenuhnya,” tutur Rifqi. (Andi)

Check Also

Tim Mobil Listrik Arjuna UGM Siap Berlaga di Jepang

Tim Mobil UGM Raih Dua Penghargaan Student Formula Japan

Edupost.id – Tim mobil listrik Arjuna UGM berhasil membawa pulang dua penghargaan pada Student Formula …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *