Jumat , 28 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Boelongan UGM Juarai TICA 2016 di Tokyo
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM)

Tim Boelongan UGM Juarai TICA 2016 di Tokyo

Edupost.id – Tim Boelongan Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjuarai kompetisi Tokyo Tech Indonesian Commitment Award (TICA) 2016. Lomba karya tulis ilmiah tahunan yang ditujukan bagi mahasiswa sarjana Indonesia ini diadakan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Tokyo Institute of Technology (PPI Tokodai) didukung Kedutaan Besar Indonesia di Jepang.

Tim Boelongan UGM yang diwakili Sultan Kurnia AB dan Umat Hanif Al Faruqy dari Arkeologi UGM mengangkat karya tulis ilmiah berjudul “MV Boelongan Nederland: Konsep Pengelolaan Wisata Selam di Kapal Karam Berdasarkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan”. Sementara anggota lainnya adalah Dwi Kurnia Sandy, Hafizhuddin, Wastu Hari Prasetya Muhammad, dan Muslim Dimas Khoiru dari Arkeologi serta Fadli Rozamuri dari Teknik Geologi

Sultan menyampaikan pada kompetisi TICA kali ini mengusung tema Better Place for Our Legacy. Adapun kompetisi terbagi dalam tiga bidang, yaitu science and engineering, management and social, dan creativity enhancement. Karya tulis yang mereka ajukan terkait upaya pelestarian wisata shipwreck Boelongan, Sumatera Barat dan potensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata selam dunia mampu menyita perhatian para juri.

Atas prestasi tersebut mereka diundang untuk menghadiri rangkaian acara TICA 2016 di kampus Tokyo Institute of Technology, Jepang pada 29 September-4 Oktober 2016 mendatang. Tim Boelongan akan mempresentasikan hasil penelitiannya dan mengikuti seminar tentang pembangunan berkelanjutan.

Disamping akan dipresentasikan di Jepang, karya tulis tentang shipwreck Boelongan ini juga akan dipersentasikan pada 2nd Internationak Conference Academic on Tourism pada 29-31 September 2016 di Yogyakarta. Karya tulis ini juga memenangkan sayembara penulisan buku Balai Peletarian Cagar Budaya (BPCB) Batusangkar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan menjadi finalis lomba poster di Seminar Kebumian Nasional. (UGM/IK-SS)

Check Also

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Edupost.id – Nama Wyncent Halim, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UGM berhasil dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *