Rabu , 24 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Bumi Siliwangi UPI Juarai Kompetisi Mobil di London
Tim-Bumi-Siliwangi-UPI-Juarai-Kompetisi-Mobil-di-London
Tim Bumi Siliwangi UPI. (Foto: beritaupi)

Tim Bumi Siliwangi UPI Juarai Kompetisi Mobil di London

Edupost.id – Tim Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi juara dalam kompetisi mobil Driver’s World Championship 2016, London beberapa waktu lalu. Kendaraan yang dinamai Turangga Cheta EV 3 menang di kelas Urban Concept Type Battery Electric pada ajang kompetisi merancang kendaraan hemat energi tingkat dunia itu.

“Ini merupakan prestasi luar biasa dari anak-anak kita, prestasi sangat membanggakan dari anak-anak kita dalam mengharumkan nama bangsa. Momennya juga sangat tepat di saat umat muslim akan meraih kemenangan di hari idul fitri, tim ini juga menang. Kita harus bangga”, ujar Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir dalam siaran pers.

Tim Bumi Siliwangi yang merupakan bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa Komunitas Mahasiswa Penggemar Teknologi Otomotif (UKM Kompetitif). Mereka terdiri dari delapan mahasiswa dan dua pembimbing yaitu, Sriyono dan Ridwan Adam Muhamad Noor.  Ajang tersebut merupakan bagian dari Shell Eco-Marathon Drivers World Championship yang menjadi persaingan antar penjuru negara Asia, Amerika, dan Eropa.

 

Sementara itu menurut Rektor UPI, Furqon, tim sudah dipersiapkan sejak lama dan berkelanjutan. “Ini prestasi luar biasa. Mereka telah berjuang sejak di tanah air saat bekerja keras di Malang, Jawa Timur. Mereka juga bekerja keras memenangi kompetisi Asia saat berlaga di Filipina, dan akhirnya di ajang dunia yang diselenggarakan di London. Semua dilakukan melalui berbagai tahapan yang sangat berat,” kata Furqon.

Kebangaan juga datang dari salah satu anggota tim, Ramdan. “Saya mengharapkan teknologi dan inovasi kita semakin maju. Banyak Negara maju sebenarnya masih berfikir tidak bisa juara dan berfikir terkotak-kotak dalam inovasi, padahal kalau kita berfikir out of the box, kita bisa juara. Saya yakin inovasi kita akan lebih maju lagi,” tegasnya. (Ristekdikti/Nisa)

Check Also

Mahasiswa-UPI-Gelar-Aksi-Tuntut-UKT-dan-Seleksi-Mandiri

Mahasiswa UPI Gelar Aksi Tuntut UKT dan Seleksi Mandiri

Edupost.id –  Aliansi Mahasiwa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, menggelar aksi menuntut Uang Kuliah Tunggal (UKT) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *