Kamis , 17 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Bungong Aceh UGM Tampil sebagai Juara Pertama di Festival Bulgaria

Tim Bungong Aceh UGM Tampil sebagai Juara Pertama di Festival Bulgaria

LONDON – Tim Bungong Aceh dari Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil mengukir prestasi di kancah internasional. Tim ini meraih juara pertama di festival “Open VI Bulgarian National Championship of Folklore – Euro Folk 2015” yang diselenggarakan di panggung Summer Theater di kota Veliko Tornovo.

Pada festival itu tim Bungong Aceh UGM mementaskan tarian Ratu Pukat dari Aceh dengan diiringi alunan musik rebana dan saluang. Penampilan mereka mengundnag decak kagum para hadirin. Tari Ratu Pukat yang berasal dari Aceh ini mempunyai gerakan mirip Tari Saman namun tari diakhiri dengan pembuatan jalinan benang oleh para penari hingga membentuk sebuah jala.

Tim Bungong Aceh dari UGM ini menerima sertifikat Golden Medal kategori campuran (mix Category) Folklore and Esamble dari para juri.

Dubes RI Sofia dan Ibu Lia B. Saptomo yang hadir pada kesempatan itu, diminta panitia untuk tampil ke panggung menyerahkan sertifikat tersebut kepada tim Tim Bungong Aceh.

Tim Bungong Aceh sendiri terdiri dari 13 penari dan dua pemusik yang didominasi mahasiswa semester enam Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Universitas Gajahmada (Mada).

Festival ini diikuti setidaknya 203 tim dan 4300 penari/pemusik dari Bulgaria dan beberapa negara lainnya seperti Mexico, Moldova, Italia, Rumania, Armenia, Belarus dan Jerman. (ANT/IL-SS)

Check Also

Ujaran Kebencian

Peneliti: Pemerintah Lalai Awasi Ujaran Kebencian Masyarakat

Edupost.id – Peneliti Retorika dan Media dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Desideria Murti menyatakan pemerintah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *