Rabu , 24 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Tim EDS UGM Menangkan Kompetisi Debat Bahasa Inggris Nasional

Tim EDS UGM Menangkan Kompetisi Debat Bahasa Inggris Nasional

YOGYAKARTA – Tim Delegasi English Debating Society (EDS) UGM berhasil menjadi jawara dalam ajang National University Debating Championship (NUDC) 2015. Dalam kompetisi yang digelar di Pontianak, pada 19-24 Agustus lalu ini, tim UGM juga berhasil memborong seluruh nominasi penghargaan dalam kompetisi tersebut yaitu sebagai first breaking team dan co-best speaker.

Tim EDS UGM yang beranggotakan Romario Tambunan (Fakultas Hukum) dan Alif Satria (FISIPOL) berhasil meraih juara I setelah sebelumnya berhasil menjadi juara dalam seleksi tingkat regional kopertis V.

Selanjutnya di tingkat nasional mereka berkompetisi dengan 113 tim lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pada babak penyisihan keduanya berhasil melewati 7 preliminary rounds yang berlangsung selama tiga hari. Atas keberhasilannya itu mereka meraih penghargaan sebagai first breaking tea.

“Karena berhasil menjuarai babak penyisihan kami juga mendapat hadiah berupa tiket menuju World University Debating Championship di Thessaloniki, Tunani,”ujar Romario, seperti dilansir laman UGM.

Perjuangan keduanya berlanjut di babak eliminasi, octofinal, quarterfinal dan semifinal. Setelah melewati rangkaian seleksi yang panjang, akhirnya tim UGM berhasil lolos melaju di babak grandfinal bersama tim dari Universitas Indonesia, Universitas Atma Jaya dan Universitas Brawijaya.

Pada motion “THW create a truth and reconciliation commission on 1998 tragedy” di babak final, pasangan UGM Romario dan Alif berhasil mengalahkan dua tim pesaing lainnya dan dinobatkan sebagai juara pertama.

Sementara peringkat kedua dan ketiga secara berurutan diraih tim Universitas Atma Jaya Jakarta dan tim Universitas Indonesia. (IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *