Selasa , 28 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Tim IPB Raih Honorable Mention dalam IFT 2016
Tim-IPB-Raih-Honorable-Mention-dalam-IFT-2016
Tim IPB Raih Honorable Mention dalam IFT 2016 (Foto: ipb)

Tim IPB Raih Honorable Mention dalam IFT 2016

Edupost.id – Tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil meraih gelar Honorable Mention sebagai finalis kompetisi Developing Solutions for Developing Countries (DSDCCompetition. Selain IPB, Cal Poly University juga mendapatkan predikat yang sama. DSDC Competition adalah  salah satu rangkaian kegiatan Institute of Food Technologists (IFT) Annual Meeting & Food Expo yang digelar beberapa waktu lalu.

IFT Student Association (IFTSA), ungkap Humas IPB, menyelenggarakan kompetisi ilmiah di bidang ilmu dan teknologi pangan yang diikuti oleh mahasiswa domestik dan internasional. IFT merupakan himpunan profesi ilmu dan teknologi pangan di Amerika Serikat (AS) yang beranggotakan lebih dari 20 ribu orang pakar dan praktisi di bidang ilmu dan teknologi pangan dari seluruh dunia. Sekretariat IFT berlokasi di Chicago, Illinois, AS yang tahun ini menjadi pusat pertemuan tahunan IFT (IFT Annual Meeting & Food Expo).

“Tema DSDC-IFTSA  pengembangan produk pangan baru untuk meningkatkan asupan kalsium (Ca) bagi ibu hamil di Negara Timur Tengah dan Afrika Utara.  Tim juri DSDC-IFTSA telah menyeleksi 56 pre-proposal dari 11 negara, dan menetapkan 6 tim finalis yang diundang ke Chicago pada 16-18 Juli lalu,” terangnya.

Finalis kompetisi DSDC, tuturnya, tiga tim dari Amerika Serikat (Cal Poly San Luis Obispo, McGill University, dan Rutgers University), satu tim dariCosta Rica (Universidad de Costa Rica) dan 2 tim dari Indonesia (IPB). Kedua tim dari IPB yang menjadi finalis adalah enam orangmahasiswa Program Studi Teknologi Pangan yang mengembangkan konsep produk pangan baru.

“Tim 1 (Cynthia Andriani, Michael Liong, Saiful Pratama): SUN-AMI (Nutritious Flat Bread to Overcome Pregnancy Related Problems in South Sudan). Tim 2 (Lidwina Monica, Eric Prasetya, dan Faradis Rahmawati): CREVE (Rich Calcium Vegetables Cream Soup to Solve Pregnancy Related Problems in Egypt),” imbuhnya.

Menurut Humas IPB, keenam tim finalis telah bertanding pada 17 Juli 2016 di McCormick Place South Chicago. Pemenang diumumkan pada tanggal 18 Juli 2015 pada IFTSA Meeting yang dihadiri oleh lebih dari seribu mahasiswa di Amerika Serikat. McGill University keluar sebagai Juara I kompetisi DSDC, disusul oleh Universidad de Costa Rica sebagai juara II, dan Rutgers University sebagai juara III. (IPB/Nisa)

Check Also

alat-bantu-penangkapan-ikan-rumpon

Pakar Perikanan IPB Kritisi Pemerintah tentang Rumpon

Edupost.id – Para akademisi di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *