Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Tim ITB Melaju ke Petrobowl Championship Internasional
Tim ITB Melaju ke Petrobowl Championship Internasional
Tim ITB Melaju ke Petrobowl Championship Internasional (ITB dok.)

Tim ITB Melaju ke Petrobowl Championship Internasional

Edupost.id – ITB terilih sebagai satu dari lima tim terbaik dalam Petrobowl Asia Pasific Regional Qualifier (APRQ) di Universiti Teknologi Petronas (UTP), Malaysia, (25-26/7) . Selanjutnya mereka mewakili regional Asia Pasifik dalam Petrobowl Campionship tingkat internasional pada (8-11/10) di San Antonio, Texas, Amerika Serikat.

Tim ITB tersebut beranggotakan Kevin Tja (Teknik Perminyakan 2013), Gitani Tsalitsah Dahnil (Teknik Perminyakan 2013), Adnan Syahrul Ramadhan (Teknik Perminyakan 2013), dan Wingky Suganda (Teknik Perminyakan 2014). 

Petrobowl Campionship merupakan kompetisi internasional setiap tahun yang diadakan oleh Society of Petroleum Engineering (SPE). Kompetisi ini digelar sebagai salah satu mata acara SPE Annual Techinal Conference and Exhibiton (ATCE) dengan mempertandingkan 32 tim dari seluruh dunia melalui pengetahuan setiap tim mengenai dunia perminyakan. Pengetahuan tim diuji melalui cerdas cermat baik dari segi teknis maupun non teknis.

APRQ sendiri bertujuan untuk memilih 5 tim terbaik dari Asia Pasifik untuk berkompetisi pada Petrobowl Competition tingkat Internasional. Pada hari pertama, dilakukan technical meeting mengenai teknis kompetisi untuk hari selanjutnya. Lomba yang terdiri dari babak preliminary, 16 besar, 8 besar, semifinal, dan final tersebut diikuti oleh 21 tim dari Australia, Bangladesh, Cina, India, Filipina, Malaysia, dan tentunya Indonesia. Beruntungnya, tim ITB dapat langsung mengikuti babak 16 besar karena tim ITB pada tahun sebelumnya berhasil meraih juara pertama Petrobowl APRQ. Pada babak 16 dan 8 besar, tim ITB mampu mengungguli tim dari Universitas Islam Riau dan UPN “Veteran” Yogyakarta sehingga berhasil memenangkan kompetisi ke babak semifinal.

“Persiapan untuk tingkat Internasional dimulai dari pembagian materi yang harus dikuasai masing-masing anggota tim. Lalu, akan ada latihan intensif selama kurang lebih dua bulan sebelum berangkat. Kekurangan-kekurangan dan evaluasi dari perlombaan sebelumnya akan kami perbaiki selama dua bulan ini,” ulas Gitani mengenai persiapan Petrobowl Competition tingkat Internasional. (ITB/ IK-SS)

Check Also

Bahas Rambutan, Mahasiswa ITB Juarai IEPC 2017

Bahas Rambutan, Mahasiswa ITB Juarai IEPC 2017

Edupost.id – Mahasiswa ITB, Naomi Febrina Silaban dan Juang Arwafa Cita yang tergabung dalam tim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *