Rabu , 13 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Mahasiswa UB Juara Umum Kanji Cup ke-15
Tim Mahasiswa UB Juara Umum Kanji Cup ke-15
Tim Mahasiswa UB Juara Umum Kanji Cup ke-15 (UB dok.)

Tim Mahasiswa UB Juara Umum Kanji Cup ke-15

Edupost.id – Tim Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) berhasil keluar sebagai juara umum dalam ajang Kanji Cup Ke-15 tingkat nasional. Kanji Cup ke-15 yang diadakan tiap tahun oleh Japan Foundation pada 5 Maret lalu ini diikuti semua universitas di Indonesia yang memiliki jurusan atau kursus bahasa Jepang, antara lain UPI, UGM, Unnes, Unitomo, dan universitas lainnya.

Tim dari FIB UB yang meraih juara Pertama pada kedua kategori yang dilombakan tersebut, adalah Amaliya Akhsani (Prodi Sastra Jepang 2016) meraih juara 1 level Shokyu atau Level Dasar (Perorangan). Sedangkan untuk kategori grup Fahmi Nahindri (Prodi Sastra Jepang 2014) dan Robertus Yulianto (Prodi Sastra Jepang 2014) meraih juara satu Level Chukyu atau Level Menengah.

Sebelum memberangkatkan kontingen Kanji Cup ke 15, FIB UB melakukan seleksi di tingkat fakultas yang diikuti oleh para mahasiswa dari Program Studi Sastra Jepang dan Pendidikan Bahasa Jepang. Pada seleksi akhir, diambil 20 mahasiswa dari kedua Program Studi tersebut yang kemudian diberi pelatihan khusus selama satu bulan dengan masing-masing pertemuan selama 90 menit.

Empat dosen menjadi pengajar pada pelatihan khusus tersebut. Setelah mendapatkan pelatihan, para mahasiswa melakukan simulasi Kanji Cup, sehingga mereka mendapat bekal yang cukup untuk berkompetisi pada acara tersebut.

“Besar harapan bahwa dengan adanya Kanji Cup ini, mahasiswa Program Studi Sastra Jepang dan Pendidikan Bahasa Jepang dapat belajar kanji dengan cara yang lebih menyenangkan sehingga mereka lebih menyukai dan antusias untuk mengikuti kejuaraan Kanji Cup serta mempertahankan juara pertama untuk semua level. Mengingat Kanji Cup adalah piala bergilir, dan FIB UB mempertahankan piala tersebut sejak 2009,” ujar Santi Andayani, selaku koordinator dan pengajar mahasiswa FIB UB peserta Kanji Cup ke-15. (UB/IK-SS)

Check Also

Kucing

Kedokteran Hewan UB Ciptakan Terapi Sedot Lemak Kucing

Edupost.id  – Kucing yang menderita obesitas memiliki resiko penyakit komplikasi metabolic seperti penyakit jantung, penyakit gangguan liver, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *