Jumat , 31 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Mahasiswa UGM Ciptakan Alat Deteksi Kebocoran Pipa PDAM

Tim Mahasiswa UGM Ciptakan Alat Deteksi Kebocoran Pipa PDAM

YOGYAKARTA – Kasus kebocoran pipa air PDAM masih kerap terjadi dan menyebabkan kerugian finansial. Hal ini mendorong enam mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan alat untuk mendeteksi dan memantau kebocoran pipa PDAM. Keenam mahasiswa itu yakni Nur Chalim bersama Randy Frans fela, Lisa Fita Sari, Zulfi Aulia Rachman dari Jurusan Teknik Fisika UGM dan Dimas Fajrian Nugroho dari FMIPA.

Data Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mencatat jumlah kehilangan air di Indonesia rata-rata sebanyak 31  persen dari total produksi air minum nasional sebesar 127.000 liter/detik. “Apabila diasumsikan harga air adalah Rp 2.000/meter³, maka Indonesia telah kehilangan penerimaan sebesar Rp 2,48 triliun/tahun atau sebanding dengan 3,15 juta sambungan baru,” jelas Nur Chalim Wachidah, mahasiswa jurusan Teknik Fisika UGM.

Alat yang mereka kembangkan menggunakan metode berbasis Acoustics Emissions dan Graphical User Interface. Sensor acoustics emission digunakan sebagai piranti pengambilan data dan perangkat akuisisi data sebagai pengolah data. Sensor ini bisa bekerja hingga jarak 50 meter ke arah kiri-kanan.“Hasilnya berupa perubahan amplitudo sinyal pada waktu tertentu yang menunjukkan adanya kebocoran air pada pipa tersebut,” ujarnya.

Sinyal dari sensor getaran tersebut ditampilkan pada komputer melalui fitur Graphical User Interface (GUI). “Posisi atau letak kebocoran ditampilkan dengan melakukan konversi dari hasil amplitudo terhadap waktu menjadi perubahan amplitudo sinyal ketika melewati pipa pada posisi tertentu,” imbuhnya.

Alat ini dapat mengurangi ketergantungan terhadap alat deteksi yang sudah ada di pasaran karena harganya relatif mahal. “Alat yang sudah ada harganya mahal kisaran puluhan hingga ratusan juta. Kalau kita bisa buat dengan kualitas yang sama tentunya akan lebih menguntungkan dan terjangkau khususnya bagi PDAM,” tuturnya. (UGM/IK-SS)

Check Also

lomba karya tulis internasional

Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja

Edupost.id – Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja ini diadakan oleh Departemen Pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *