Kamis , 17 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Mobil Balap UGM Dinobatkan Terbaik se-Asia Tenggara
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM)

Tim Mobil Balap UGM Dinobatkan Terbaik se-Asia Tenggara

Edupost.id – Mobil balap formula Bimasakti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil dinobatkan sebagai tim terbaik se-Asia Tenggara (The Best Team in South East Asia) di Student Formula SAE Competition of Japan 2016. Di ajang yang digelar di Jepang 6-10 September lalu itu, mobil karya mahasiswa UGM berhasil menempati peringkat ke-26 dari 92 tim yang mengikuti lomba.

Selain itu, tim Bimasakti juga berhasil menempati urutan ketiga untuk kategori Overseas Team. Bahkan, tim asal kota kota gudeg ini juga berhasil menempati peringkat tiga dalam kategori Efficiency kelas Internal Combustion Vehicle (ICV).

“Prestasi yang diperoleh oleh Tim Bimasakti tahun ini merupakan prestasi tertinggi yang tercatat selama Indonesia mengikuti Student Formula Japan SAE Competition,” kata Fajar Fitrahadi Danda, salah satu anggota tim Bimasakti kepada Edupost.id.

Mahasiswa Fakultas Teknik Departemen Teknik Mesin dan Industri ini menuturkan, tim mobil UGM berhasil mengikuti kompetisi pada Dynamic Event usai lolos dari Vehicle Examination. Lolos dari Vehicle Examination merupakan persyaratan untuk tim peserta agar dapat mengikuti Dynamic Event.

Dynamic Event pertama yang diikuti adalah Autocross dengan best laps yaitu 1:06:05 . Pada hari yang sama, Bimasakti UGM juga mengikuti Acceleration Event dan Skidpad Event dengan waktu terbaik 5,985 detik dan 6,377 detik secara berurutan. Untuk keesokan harinya, tim ini mengikuti Endurance Event dengan waktu putaran terbaik yaitu 1:12:25.

Direktur Kemahasiswaan UGM, Senawi mengatakan, prestasi yang diperoleh Tim Bimasakti tahun ini merupakan prestasi tertinggi yang tercatat di Student Formula Japan SAE Competition. Dirinya juga optimis, pada tahun mendatang prestasi UGM di kompetisi ini bisa lebih baik.

“Dengan prestasi yang telah didapatkan, Tim Bimasakti UGM sangat berpotensi untuk memiliki prestasi yang lebih baik lagi di tahun mendatang,” kata Senawi. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *