Senin , 24 April 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Mobil UGM Luncurkan Formula Bimasakti Generasi 5
Tim Mobil UGM Luncurkan Formula Bimasakti Generasi 5
Tim Mobil UGM Luncurkan Formula Bimasakti Generasi 5

Tim Mobil UGM Luncurkan Formula Bimasakti Generasi 5

Edupost.id, Yogyakarta – Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) telah meluncurkan mobil Formula Bimasakti Generasi 5. Mobil ini dipersiapkan untuk berlaga di ajang 14th Student SAE Competition of Japan 2016. Kompetisi balap mobil paling bergengsi di tingkat mahasiswa dunia ini akan berlangsung pada 6-10 September mendatang di Shizuoka Jepang.

General Manager Tim Bimasakti Muhammad Luthfy Kusnadi mengatakan, mobil Bimasakti generasi telah mengalami perubahan dibanding generasi sebelumnya. Timnya telah berupaya maksimal untuk menciptakan mobil yang jauh lebih menguntungkan untuk terjun dalam balapan. Dari sisi mesin, jika generasi sebelumnya menggunakan mesin CBR 600 CC, saat ini menggunakan KTM 450 SX-F yang lebih ringan dan power maksimal (58 hp). Selain itu bobot mobil juga berkurang 30 persen dari sebelumnya 330 kg menjadi 230 kg.

“Kemampuan mobil ini setara dengan mobil sport komersial,” terang Luthfi.

Di Shizuoka Jepang, tim ini akan mengikuti dua event yakni static event dan dynamic event. Untuk dynamic event terdiri Skidpad yakni uji kemampuan cornering di lintasan menyerupai angka 8, acceleration atau uji kecepatan mobil dalam jarak 70 meter trek lurus.

Dikatakan, tim Bimasakti UGM terdiri dari divisi riset yang berjumlah 13 mahasiswa terpilih dari Departemen Teknik Mesin dan Industri. Selain itu juga divisi manajemen yang melibatkan dua mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Industri dan dua orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tim BIMASAKTI telah mempersiapkan taktik dan desain yang lebih baik untuk dapat meraih hasil yang maksimal dalam kompetisi tahun ini.

Rektor UGM Prof Ir Dwikorita Karnawati MSc PhD mendukung penuh Tim Bimasakti berlaga dalam kompetisi tingkat dunia dan sangat penting sebagai media bagi mahasiswa mengasah kerjasama tim, disiplin, kreativitas serta inovasi. Tak hanya itu, selama proses mempersiapkan mobil, para mahasiswa dilatih kesabaran, keuletan dan ketangguhan. (Andi)

Check Also

Bersiap Ekspedisi Thailand, Atlet Mapagama Perketat Latihan

Bersiap Ekspedisi Thailand, Atlet Mapagama Perketat Latihan

Edupost.id – Tim atlet mahasiswa pencinta alam UGM (Mapagama) bersiap melakukan ekspedisi “Cave Exploration: Under the …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *