Selasa , 30 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Robotika ITB Meraih Lima Penghargaan di KRI 2015

Tim Robotika ITB Meraih Lima Penghargaan di KRI 2015

BANDUNG – Tiga gelar juara sekaligus berhasil dibawa pulang tim Robotika (URO) Institut Teknologi Bandung (ITB) di ajang teknologi bergengsi, Kontes Robot Indonesia (KRI). Tim URO ITB memperoleh tiga buah piala juara I untuk kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Kontes robot yang diadakan pada Sabtu lalu, (25/04/15) di Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan ini merupakan event tahunan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DP2M Dikti).

Selain memboyong tiga piala, tim ITB juga mendapatkan penghargaan Algoritma Terbaik untuk kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) divisi beroda serta penghargaan Tarian Terbaik untuk kategori KRSI.

Unit Robotika ITB mengutus lima tim yang bertanding untuk lima kategori lomba, yaitu tim Dagominton pada kategori KRAI, tim Viva la Ganesha pada kategori KRPAI divisi berkaki, tim Cakra Ganesha pada kategori KRPAI beroda, tim Dago Concordia pada kategori KRSI, dan tim Dago Hoogeschool pada kategori KRSBI.

Pada kategori KRSI, tema tariannya adalah tari Jawa dengan judul tarian Bambangan Cakil. Robot penari berupa dua buah robot humanoid menarikan tarian mengikuti alunan musik semirip mungkin dengan penari aslinya. Tim Dago Concordia berhasil dinobatkan sebagai robot dengan penghargaan Tarian Terbaik dan juga berhasil membawa piala juara pertama.

Dengan demikian, URO ITB berhasil meraih lima penghargaan pada KRI Regional II tahun 2015 ini, yang terdiri dari tiga penghargaan juara pertama, satu penghargaan tari terbaik, dan satu penghargaan strategi terbaik. Para pemenang akan ditandingkan pada Kontes Robot Indonesia tingkat nasional yang akan diadakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada tanggal 11-14 Juni 2015 mendatang. (ITB/IL-IK)

Check Also

Forum Industri Pangan

Kemenristekdikti Gelar Forum Industri Pangan Menuju Kemandirian Pangan

Bogor – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI siap menjembatani terbangunnya konsep kolaborasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *