Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Sapu Angin ITS Siap Bertanding dalam Kejuaraan di London
Institut Teknologi Surabaya (ITS)
Institut Teknologi Surabaya (ITS)

Tim Sapu Angin ITS Siap Bertanding dalam Kejuaraan di London

Edupost.id – Tim Sapu Angin berhasil memboyong gelar juara dua dalam Urbanconcept ICE Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2017. Tak hanya itu, Sapuangin XI EVO 1 pun akan menyapa London, Inggris pada Minggu (28/5) mendatang.

Dua tim Indonesia lainnya yang juga akan bertanding yakni Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) akan berlaga dalam ajang SEM Global 2017. 

Mobil Sapuangin generasi ke sebelas ini sukses mencapai garis finish dengan catatan waktu 02:08.21. Annas Fauzy, general manager tim Sapuangin menyatakan bahwa kesuksesan tersebut tak dilalui dengan tanpa hambatan. “Sempat ada masalah di running test, dead man switch dan lainnya,” ungkap Annas. Sapuangin XI Evo 1 yang resmi diluncurkan Minggu (12/3) ini memiliki beberapa inovasi. Salah satunya yakni bobot mobil yang menjadi lebih ringan. Dari 130 kg, kini Sapuangin lebih gesit dengan 120 kg nya. 

Mobil ini menggunakan mesin Yanmar engine dengan sistem hidrolik dan kemudi berbasis Acckemann. Tampil dengan warna hitam elegan, Sapuangin XI EVO 1 diklaim mampu mengurangi gesekan yang tidak efisien. Sedangkan untuk tipe mesin tetap berbahan bakar diesel.

Lima dari tujuh personil tim berasal dari Teknik Mesin yakni Faizal Ibrahim, Wahyu Cahyo Utomo, Fandi Septian, Wahyu Subagyo, dan Bhima Poetra. Sedangkan dua anggota lainnya yakni Irvandi Hito dari Teknik Fisika dan Fajar Aditya Budi dari Teknik Material dan Metalurgi. Ketujuh mahasiswa tersebut dibina langsung oleh Wityanto sebagai dosen pembimbing. (ITS/IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *