Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Tim Semar UGM Siapkan Tiga Mobil di Ajang KMHE

Tim Semar UGM Siapkan Tiga Mobil di Ajang KMHE

Edupost.id – Tim Semar Universitas Gadjah Mada (UGM) siap berlaga di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 di Institute Teknologi Surabaya pada 7-11 November 2017 mendatang. Tim Semar akan menggunakan tiga mobilnya pada ajang KMHE 2017 itu.

Salah satu mobil yang akan bertanding pada perlombaan tersebut adalah Semar Gasoline. Mobil jenis urban ini memimiliki desain city-car 4 roda dan dilengkapi dengan wiper, driving light, dan ergnomic driving position. Selain Semar Gasoline, dua mobil lain milik Tim Semar UGM yang akan berkompetisi pada KMHE 2017 adalah Semar Proto Diesel, dan Semar Proto Electric.

Salah satu driver dari mobil itu, Laksatya Wirawan mengatakan, konsep utamanya adalah menggunakan sedikit bahan bakar namun bisa mencapai jarak yang paling jauh. Untuk satu liternya bisa mencapai 600 kilometer. “Untuk mobil jenis urban, memakai bahan bakar premium,” kata mahasiswa teknik mesin angkatan 2015 ini.

Dalam pembuatannya, selain krearifitas atau modifikasi pada mesinnya juga dalam body. Pembentukankanya memperhitungkan gaya aerodinamikanya. “Kami punya software-nya untuk menghitung aerodinamika,” katanya.

Ketua Tim Semar UGM, Antonious Adhika Angkasa, menuturkan bahwa tim telah melakukan berbagai inovasi baru dan perbaikan dari konsep yang telah ada sebelumnya. Berbekal hasil test drive yang cukup memuaskan tim optimis dapat memperoleh hasil yang baik pada KMHE 2017. “Kami optimis Tim Semar UGM dapat meraih juara pada ajang KMHE 2017,” ujar Dhika.

Rektor UGM, Panut Mulyono, berharap semangat dan kebersamaan dari seluruh elemen yang turut berkontribusi dalam tim dapat terus terjaga. Menurutnya, dalam suatu keterlibatan kompetisi diperlukan mental dan kerja sama yang solid dari seluruh anggota tim beserta elemen-elemen pendukung lainnya. Panut berharap Tim Semar UGM dapat tampil sebaik-baiknya dan dapat menjadi juara pada KMHE 2017.

“Selamat bertanding dan raih lah hasil yang terbaik, bertanding lah dengan fair play akan ada banyak pelajaran dan pengalaman yang akan didapat dari setiap kompetisi,” ujar Panut. (Andi)

Check Also

Mahasiswa UGM Dinobatkan Jadi Duta Wisata Nasional

Mahasiswa UGM Dinobatkan Jadi Duta Wisata Nasional

Edupost.id – Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia UGM, Indira Wibowo dinobatkan sebagai Duta Wisata Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *