Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Tim UNY Juarai Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa
Tim UNY Juarai Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa
Tim UNY Juarai Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa

Tim UNY Juarai Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa

Edupost.id – Dua mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rifaldy Fajar (Prodi Matematika) dan Rizal Setiawan (Prodi Teknik Mesin) dinobatkan sebagai pemenang pertama Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa (KPKM) 2017.

Kegiatan yang digelar oleh Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti ini dilaksanakan untuk memberikan ruang kepada mahasiswa dalam mengekspresikan jiwa kebangsaannya dalam bentuk karya tulis. Untuk tahun ini, tema yang diangkat adalah “Pengamalan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara”.

Dalam ajang ini, Rifaldy Rizal mmbuat karya yang berjudul “Game Kapas (Game Edukatif Scrabble Karakter Pancasila) bagi Siswa Sekolah Dasar sebagai Upaya Dini Internalisasi Sikap Positif Pancasila untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045”.

” Hingga ditutup pada 7 Agustus 2017 lalu, sebanyak 335 artikel dari 134 perguruan tinggi terdaftar sebagai peserta. Setiap artikel disusun oleh tim yang terdiri dari 2-3 orang,” terang Rifaldy.

Setelah diseleksi oleh Tim Penilai Pusat yang terdiri dari dosen-dosen bidang bahasa dan sastra serta dosen bidang Pancasila pada 1-12 September lalu, sebanyak 20 artikel dinyatakan lolos Seleksi KPKM Tahap I sebagai finalis.

Seleksi Tahap II yang berlangsung dari tanggal 26 – 28 September 2017 bertempat di Hotel Horison Bekasi merupakan proses yang paling menentukan. Seluruh finalis harus mempresentasikan artikel mereka dan mengikuti proses tanya jawab. Pada tahap ini, Dewan Juri memilih 3 artikel terbaik dan 3 artikel harapan.

Pada akhir penilaian, dua mahasiswa UNY ini ditetapkan sebagai juara pertama. Atas raihannya sebagai juara pertama, Rifaldy serta Rizal berhak atas sertifikat, medali, tropi dan uang tunai sebesar 10 juta rupiah.

Sementara itu, pemenang kedua diraih oleh Tim dari Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan pemenang ketiga diraih oleh Tim Universitas President. Untuk Juara harapan I – III masing-masing diraih oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Jember dan Universitas Narotama Surabaya. (Andi)

Check Also

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Edupost.id – Terkena penyakit kulit tentu sangat mengganggu. Penyakit ini bisa disebabkan karena lingkungan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *