Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Tingkatkan Mutu, Teknik Sipil UII Raih Akreditasi IABEE
Universitas Islam Indonesia (UII)
Universitas Islam Indonesia (UII)

Tingkatkan Mutu, Teknik Sipil UII Raih Akreditasi IABEE

Edupost.id – Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) meraih akreditasi dari Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Akreditasi ini menggenapi akreditasi yang sebelumnya diberikan oleh Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE).

IABEE merupakan sebuah lembaga indipenden bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia untuk mengembangkan mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi teknik. Lembaga ini diakui di Indonesia oleh Kemenristekdikti sebagai badan yang bertanggungjawab terhadap akreditasi program studi di bidang teknik, teknologi dan komputasi.

Dekan FTSP UII, Widodo Brontowiyono menegaskan, saat ini era globalisasi tidak mungkin lagi dapat dihindari, dan harus dihadapi. IABEE menurutnya merupakan sebuah antisipasi dari hal tersebut.

“Akreditasi bukan menjadi tujuan utama kita, namun sebagai alat pendorong mutu dan yang paling penting bagaimana kita dapat membuktikkan bahwa kita layak mendapatkan akreditasi internasional,” ungkapnya.

Ditambahkan, menurut UU seluruh tenaga kerja yang bergerak di bidang konstruksi harus mempunyai sertifikat atau harus menuggu satu tahun. Sehingga diharapkan IABEE menjadi pondasi lulusan untuk memasuki jenjang profesional.

Rektor UII, Nandang Sutrisno berharap Program Studi di UII yang lainnya dapat belajar dari Program Studi di FTSP UII agar mendapatkan akreditasi serupa. Sudah menjadi sebuah keharusan, setiap program studi berlomba-lomba mengeja akreditasi.

“Saya mengucapkan selamat kepada Program Studi Teknik Sipil khususnya dan FTSP pada umumnya. Semoga akreditasi internasional dapat merata ke seluruh Program Studi yang ada di UII,” tuturnya.

Secara simbolis, sertifikat akreditasi diserahterimakan oleh Ketua Komite Eksekutif IABEE, Illah Sailah kepada Rektor UII, Nandang Sutrisno di Gedung Dr. Mohammad Natsir, Kampus Terpadu UII, beberapa hari yang lalu. (Andi)

Check Also

Universitas Islam Indonesia (UII)

10 Mahasiswa UII Ikut Student Exchange di Malaysia

Edupost.id – Sepuluh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) mengikuti program Student Exchange …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *