Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Tolak Kenaikan UKT, Tuntutan Mahasiswa UNJ Dipenuhi Rektorat
demo-mahasiswa-unj-tolak-kenaikan-ukt
Demo Mahasiswa UNJ Tolak Kenaikan UKT.

Tolak Kenaikan UKT, Tuntutan Mahasiswa UNJ Dipenuhi Rektorat

Edupost.id, Jakarta – Rencana kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan uang pangkal bagi mahasiswa baru mendapat penolakan dari kalangan mahasiswa. Hal ini juga terjadi di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa UNJ Bersatu menggelar aksi kemarin (30/5). Tuntutan para mahasiswa tersebut akhirnya dipenuhi pihak rektorat.

Koordinator Tim Negosiator Aliansi Mahasiswa UNJ Bersatu, Bagus Tito Wibisono menyebutkan tuntutan mereka saat aksi kemarin (30/5).

“Kami minta rektor UNJ menurunkan nominal UKT, minimal sama dengan tahun 2015. Kemudian, mencabut keberadaan uang pangkal dan segala bentuk pungutan di luar UKT,” jelasnya saat diwawancarai Edupost.id.

Setelah melalui proses negosiasi, akhirnya pihak rektorat memenuhi tuntutan massa aksi.

Berikut ini isi kesepakatan antara pihak rektorat dengan mahasiswa:

  1. Uang pangkal bagi mahasiswa jalur mandiri 2016 ditiadakan
  2. UKT kategori 3 sama dengan UKT kategori 3 tahun lalu, tahun 2015
  3. UKT kategori adalah arta-rata besaran UKT kategori 3 dan besaran UKT kategori 5 tahun 2016
  4. Sesuai dengan peraturan perundang-undnagan, tidka diperkenankan adanay pungutan di luar UKT
  5. Akibat dari perubahan UKT, koreksi terhadap UKT dan penghapusan uang pangkal, maka tentu akan berpengaruh terhadap kemampuan keuangan UNJ sehingga akan terjadi penyesuaian dalam pelaksanaan program dan kualiatas pelayanan di lapangan.

Menanggapi hasil kesepakatan tersebut, pihak mahasiswa mengucap syukur. Namun, mereka akan tetap mengawal terus pelaksanaan tiap poin kesepakatan tersebut.

“Alhamdulillah dua tuntutan kita goal. Cuma memang poin 5 itu perlu dikawal betul-betul agar tidak jadi pembenaran atas lemahnya kualitas pelayanan,” ungkap Bagus. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *