Kamis , 30 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Tujuh Mahasiswa UGM Jelajahi Kawah Gunung Tambora
Tujuh Mahasiswa UGM Jelajahi Kawah Gunung Tambora
Tujuh Mahasiswa UGM Jelajahi Kawah Gunung Tambora

Tujuh Mahasiswa UGM Jelajahi Kawah Gunung Tambora

Edupost.id – Tujuh mahasiswa dari tim Gladimadya Pecinta Alam Universitas Gadjah Mada  (Mapagama) menjelajahi kawah Gunung Tambora, Pulau Sumbawa, NTB pada 22 Agustus-4 September. Mereka akan mengeksplorasi hingga ke dasar kaldera gunung di samping melaksanakan penelitian untuk mengekplorasi keanekaragaman hayati sepanjang Jalur Pendakian Doropeti Taman Nasional Gunung Tambora.

Ketua tim ekpedisi, Manto Sitindaon mengatakan, tim yang akan berangkat sebanyak 7 orang, terdiri 2 orang wanita dan 5 orang laki-laki. Jalur pendakian Doropeti yang dipilih merupakan rute terpanjang untuk mencapai puncak Tambora, setidaknya memerlukan waktu 5 hari untuk bisa sampai ke puncak. Selanjutnya, setelah mencapai puncak, selama 2 hari, tim akan turun menuju dasar kawah kaldera yang memiliki kedalamam hingga 800 meter.

“Kita akan mengeksplorasi kawah Tambora apakah bisa dijadikan sebagai objek tujuan wisata baru. Apalagi di sana sudah terbentuk gunung api baru,” katanya.

Adapun ketujuh orang mahasiswa yang diberangkatkan tim Magapagama yakni, Manto Sitindaon dari Fakultas Teknologi Pertanian, Reza Khairurahman dari Fakultas Kehutanan. Selanjutnya Andoyo Respati Fitriono, David Sabatian Dompas, Devi Astuti, Alief Fahmil Umam dari Sekolah Vokasi, serta Dewi Sekar Kartini dari Fakultas Ilmu Budaya selaku pendamping lapangan.

Ketua umum Mapagama, Muhammad Yusya Asadillah, mengatakan interpretasi jalur pendakian dan penelitian keanekaragaman flora dan fauna di Tambora nantinya dapat digunakan untuk penelitian-penelitian selanjutnya di Gunung Tambora. Seperti diketahui, Gunung tambora pernah erupsi tahun 1815 yang menelan ribuan korban penduduk kerajaan Tambora dan Pekat Pulau Sumbawa. (UGM/IK-SS)

Check Also

sekolah vokasi UGM

Masuk SV UGM Tanpa Tes, 250 Siswa SMK Beradu Jadi Pemenang

Edupost.id – Setidaknya 250 pelajar SMK dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti lomba keterampilan siswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *