Sabtu , 25 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / UGM dan SMAN 2 Yogyakarta Bentuk Program School of Integrity
UGM-dan-SMAN-2-Yogyakarta-Bentuk-Program-School-of-Integrity
UGM dan SMAN 2 Yogyakarta Bentuk Program School of Integrity

UGM dan SMAN 2 Yogyakarta Bentuk Program School of Integrity

Edupost.id, Yogyakarta – Guna menciptakan insan-insan muda anti korupsi dari kalangan pelajar, Pusat Kajian Anti Korupsi (PUKAT) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama dengan Program Hibah Pengabdian Masyarakat UGM dan SMAN 2 Yogyakarta membuat program School of Integrity (SOI). Program ini berisi pengembangan metode pendidikan anti korupsi untuk mendukung program Education for Sustainable Development bagi guru SMAN 2 Yogyakarta.

“Program ini dilakukan dengan menyisipkan materi anti korupsi di dalam kurikulum SMA,” ujar Yuris Rezha, salah satu tim SOI.
Program ini menjadi awalan bagi program jangka panjang. Nantinya, akan disusun modul metode pembelajaran anti korupsi untuk SMA yang terintegrasi, kontemporer, dan inovatif. Guna memastikan tujuan pemberdayaan, diharapkan terjalin musyawarah guru khusus untuk tema anti korupsi. Para guru diharapkan terus melakukan evaluasi, perbaikan, dan pembaharuan metode tersebut.

Sebelumnya, PUKAT telah melakukan program serupa yang hanya menyasar siswa SMAN 2 Yogyakarta. Namun, menyasar langsung para siswa dianggap kurang efektif untuk program jangka panjang, karena siswa lulus setiap tiga tahun. Agar program terus berjalan, tim harus terus melakukan pendampingan ke angkatan di bawahnya. Oleh karena itu, saat ini program ini fokus dalam membuat sistem pembelajaran anti korupsi. Untuk itu, kerjama yang baik dengan guru sangat diperlukan.

Secara resmi SOI telah dilaunching di SMAN 2 Yogyakarta pada Kamis (21/7). Launching ini dihadiri oleh perwakilan PUKAT UGM, Kepala SMAN 2 Yogyakarta, perwakilan siswa, dan guru SMAN 2 Yogyakarta. Kedepan, program ini tidak hanya diterapkan di SMAN 2 Yogyakarta, tapi juga di sekolah yang lain.

“Kami berharap program ini dapat terlaksana dengan lancar sehingga tercipta insan cendekia dari SMAN 2 Yogyakarta yang bebas dari korupsi,” ujar Ketua Tim SOI, Laras Susanti. (Andi)

Check Also

Tim UGM juara kompetisi kesehatan nasional

Tim UGM Borong Juara di Kompetisi Kesehatan Nasional

Edupost.id – Delegasi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil memborong juara dalam kompetisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *