Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / UGM Dinobatkan Arsip Terbaik Nasional

UGM Dinobatkan Arsip Terbaik Nasional

YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada meraih penghargaan sebagai perguruan tinggi dengan arsip terbaik nasional. Penghargaan ini diberikan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) beberapa waktu lalu. Arsip UGM dinobatkan sebagai juara 1 disusul arsip UNS dan Arsip Universitas Udayana Bali.

Kepala kantor Arsip UGM, Tristiana Chandra Dewi Trias Iriani menuturkan, penghargaan nasional ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus memotivasi para arsiparis untuk memberikan layanan informasi kearsipan yang lebih baik lagi. “Penghargaan ini adalah apresiasi buat kita sekaligus memotivasi kita untuk terus mempertahankan prestasi,” ujar Dewi.

Dewi menuturkan, beberapa kriteria yang dinilai dalam lomba kearsipan tingkat perguruan tinggi tersebut diantaranya pengelolaan  arsip, norma standar pedoman dan kriteria, status kelembagaan, dan kelengkapan sarana dan prasarana. “Selain penilaian berkas, kita juga diminta menyampaikan presentasi terkait perkembangan kantor arsip masing-masing,” tuturnya.

Sebagai informasi, kantor arsip UGM ini menempati ruang lantai tiga di gedung perpustakaan universitas sejak 2012 lalu. Sebelumnya, tahun 2004, Arsip UGM ini menempati gedung Pantja Darma, Sekip unit B lantai 1. Keberadaaan kantor arsip di perpustakaan justru dimanfaatkan oleh kantor Arsip untuk mengenalkan beberapa koleksi arsip pada para mahasiswa dan masyarakat umum. Setiap bulan, kantor Arsip UGM  memajang beberapa koleksi arsip menyesuaikan dengan tema-tema tertentu.

“Tentu dengan harapan, mahasiswa dan generasi muda bisa memiliki memori kolektif mengenai perkembangan UGM dari masa ke masa,” terangnya.

Arsip UGM juga membina lembaga kearsipan di tingkat unit, direktorat, dan fakultas di seluruh lingkungan UGM. Setiap dua bulan sekali, para pegelola arsip tersebut diberi pelatihan dalam manajemen tata kelola kearsipan. “Tidak hanya ahli di bidang kearsipan namun memiliki etika dalam pelayanan,” jelasnya. (UGM/IK-SS)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *