Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / UGM Expo Tampilkan Karya Cipta UGM
UGM Expo Tampilkan Karya Cipta UGM
UGM Expo Tampilkan Karya Cipta UGM

UGM Expo Tampilkan Karya Cipta UGM

Edupost.id – Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Dwikorita Karnawati hari ini Selasa (20/9) membuka secara resmi acara UGM Expo ke-67 tahun 2016. Acara yang digelar di  Gedung Grha Sabha Pramana hingga 26 September 2016 ini menampilkan karya cipta mahasiswa UGM di berbagai bidang.

Rektor menambahkan, UGM Expo merupakan wujud nyata pengamalan Tri Dharma Pendidikan. Menurut dia, UGM dituntut untuk bisa menghasilkan karya yang bisa menggerakkan sosial ekonomi masyarakat.

“Mahasiswa tak bisa hanya menghasilkan jurnal saja tanpa adanya karya nyata sesuai bidangnya masing-masing. Berbagai macam karya cipta pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat kami tampilkan di UGM Expo ini,” terangnya.

Dijelaskan, dalam UGM Expo tahun ini ditampilkan 10 zona dari berbagai penelitian seperti zona science, zona energi, zona kesehatan, zona kedaulatan, zona kemaritiman, zona good government, zona sosial budaya nusantara, zona bencana dan lingkungan, zona unit penunjang universitas dan zona market place. Ada 57 unit kerja yang berpartisipasi di UGM Expo kali ini dan seluruhnya mewakili zona yang telah disebutkan sebelumnya.

Dalam pembukaan UGM Expo juga dilakukan penandatanganan MoU antara UGM dengan 21 perusahaan yang bergerak di berbagai macam bidang. Penandatanganan tersebut merupakan bentuk kelanjutan kerjasama UGM untuk menyalurkan hasil karya yang bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

Ketua panitia UGM Expo, Prof. Dr. Ir. Sri Raharjo, M.Sc., mengatakan UGM EXPO dirancang sebagai proses knowledge sharing sehingga seluruh unit yang ada di UGM dapat menampilkan hasil karya cipta di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Sri Raharjo inovasi UGM melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu sumber yang sangat berharga dalam menghadirkan ide dan kreatifitas terbaru bagi kemajuan bangsa. Untuk itu universitas dituntut untuk selalu hadir dengan terobosan-terobosan baru baik itu di bidang sumberdaya maupun sistem tata kelola yang dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, demi tercapainya Indonesia yang berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. (Andi)

Check Also

UGM Siap Lakukan Lompatan Wujudkan Kejayaan Indonesia

UGM Siap Lakukan Lompatan Wujudkan Kejayaan Indonesia

Edupost.ID – Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, mengatakan UGM siap melakukan lompatan besar menyongsong kejayaan Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *