Minggu , 21 Januari 2018
Home / Kabar Kampus / UGM Inisiasi Forum Dewan Guru Besar se-Indonesia
UGM Inisiasi Forum Dewan Guru Besar se-Indonesia
UGM Inisiasi Forum Dewan Guru Besar se-Indonesia (UGM dok.)

UGM Inisiasi Forum Dewan Guru Besar se-Indonesia

Edupost.id – Guru besar atau profesor memiliki peran khusus dalam menyebarluaskan gagasannya untuk mencerahkan masyarakat. Untuk memaksimalkan peran ini, Dewan Guru Besar (DGB) UGM beserta guru besar dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia menginisiasi pembentukan Forum Dewan Guru Besar.

“Sampai saat ini belum ada yang menyatukan pemikiran-pemikiran strategis dari dewan guru besar di universitas-universitas untuk membuat masukan kepada pemerintah,” ungkap Ketua DGB UGM, Putu Sudira dalam Sarasehan Dewan Guru Besar dan Dewan Profesor Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Putu Sudira menerangkan, ide pembentukan forum ini berawal dari diskusi yang ia lakukan ketika mengunjungi guru besar di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Dari pembicaraan ini, lanjutnya, muncul pemikiran bahwa ada berbagai hal yang dapat dibahas secara bersama-sama agar dapat menyamakan pemikiran dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.

Ia menjelaskan, di tengah krisis moral yang terjadi saat ini, peran guru besar menjadi jauh lebih penting dan mendesak untuk diintegrasikan serta disuarakan. “Akhir-akhir ini wawasan kebangsaan, pengetahuan tentang NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika mulai melemah. Dalam situasi ini guru besar harus menjadi pelopor integritas moral dan etika,” tambahnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam forum ini dibentuk dua buah kelompok kerja (POKJA) untuk merumuskan pemikiran mengenai peran dan kontribusi Dewan Guru Besar dalam waktu mendatang, yaitu POKJA Program Kerja DGB se-Indonesia serta POKJA Organisasi dan Tata Kelola DGB.

Rektor UGM, Panut Mulyono menyampaikan bahwa guru besar memiliki peran yang strategis dengan wibawa serta kepakaran yang dimiliki, baik dalam mengembangkan pemikiran mengenai isu-isu strategis serta memberikan solusi atas hal-hal tersebut. “Harapan terhadap guru besar sangat besar sebagai pelopor dalam menjaga integritas moral tidak hanya civitas akademika tapi juga masyarakat melalui tulisan-tulisan yang dihasilkan,” tambahnya.   (IK-SS)

 

Check Also

Mahasiswa UGM Dinobatkan Jadi Duta Wisata Nasional

Mahasiswa UGM Dinobatkan Jadi Duta Wisata Nasional

Edupost.id – Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia UGM, Indira Wibowo dinobatkan sebagai Duta Wisata Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *