Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / UGM Mulai Siapkan Mahasiswa Hadapi ON MIPA – PT 2017
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM Mulai Siapkan Mahasiswa Hadapi ON MIPA – PT 2017

Edupost.ID – Universitas Gadjah Mada (UGM) saat ini mulai mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahun 2017. Persiapan dilakukan dengan pelatihan pra seleksi dan seleksi tingkat universitas.

Kepala Sub Direktorat Kreativitas Mahasiswa UGM, Ahmad Agus Setiawan menjelaskan pelatihan ini untuk menyeleksi tujuh mahasiswa terbaik di masing-masing bidang untuk berkompetisi di tingkat kopertis. Hasil seleksi tahap ini dikirim ke Kopertis wilayah masing-masing paling lambat tanggal 8 Maret 2017. Seluruh perwakilan dari kampus masing – masing akan dikirimkan seleksi tingkat wilayah yang dilakukan serentak pada 22-23 Maret 2017 oleh Kopertis.

“Tidak hanya pelatihan pra seleksi dan seleksi tingkat universitas, kami juga akan memberikan pasca seleksi di masing-masing level kompetisi. Harapannya, tahun ini UGM bisa meraih juara umum di ON MIPA nasional dan semoga juga bisa berprestasi di level internasional,” kata Agus.

ON MIPA – PT merupakan ajang meningkatkan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa bidang MIPA yang digelar oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti. Cabang yang dilombakan terdiri dari Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia.

Roihan Munajih, ketua komunitas ON MIPA UGM, mengatakan pelatihan menghadirkan para senior veteran dan alumni yang pernah berkiprah di ON MIPA. Kehadiran mereka bertujuan untuk mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa UGM yang ingin mengikuti seleksi tingkat universitas ON MIPA UGM yang akan dilaksanakan pada 26 Februari 2017.

“Pelatihan ini diisi oleh veteran dan alumni yg pernah berkiprah di ON MIPA. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa UGM yang ingin mengikuti seleksi tingkat universitas,” terangnya.

Roihan menambahkan pelatihan selama enam kali dilaksanakan pada 5, 11, 12, 18, 19, dan 25 Februari 2017 mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Pelatihan yang berlangsung di gedung C lantai 1 Fakultas MIPA tersebut diisi para pemateri yang merupakan para jawara UGM pada kompetisi ON MIPA di tahun-tahun sebelumnya.

“Mereka mendapatkan materi berupa tema-tema yang selalu diujikan dalam olimpiade beserta kiat-kiat mengerjakannya,” imbuh peraih medali emas bidang kimia ON MIPA tahun 2016 itu. (Andi)

Check Also

Pertemun ke-6 South East Asia Network for Animal Science (SEANAS) pada 20-22 Juli 2017, Hanoi, Vietnam

Fapet UGM Tingkatkan Kurikulum Menjadi Level Dunia

Hanoi (21/7) – Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) tengah berupaya untuk meningkatkan kurikulum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *