Kamis , 23 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / UGM Raih Peringkat Pertama PT di Indonesia Versi Webometrics
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM Raih Peringkat Pertama PT di Indonesia Versi Webometrics

Edupost.id, Yogyakarta – Webometrics, sebuah sistem pemeringkatan perguruan tinggi di dunia menempatkan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada posisi puncak di antara perguruan tinggi di Indonesia lainnya. Sementara, Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Pertanian Bogor (IPB), masing – masing menduduki posisi dua, tiga, dan empat. Di tingkat dunia, UGM kini menempati posisi ke-724. Sementara, UI di poisisi 809 dunia, diikuti oleh ITB di posisi 895, dan IPB di posisi 1.321.

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI), Widyawan mengatakan, dalam empat tahun terakhir UGM selalu menduduki peringkat pertama di Indonesia. Walau sempat turun pada awal 2016, sekarang UGM kembali menduduki peringkat pertama yang dikeluarkan pada Juli 2016.

Untuk penilaian peringkat, kriteria yang digunakan antara lain adalah presence (kehadiran), impact (dampak), openness (keterbukaan), dan excellence (keunggulan). Aspek kehadiran diukur berdasarkan volume dari laman website, baik statistik maupun dinamik, yang berada dalam suatu domain universitas, sementara dampak diukur dengan banyaknya referensi (backlink) dari website luar. Untuk aspek kehadiran, penilaian dilakukan terhadap kekayaan repository suatu universitas dari banyaknya rich file (pdf, doc, ppt), sedangkan aspek keunggulan mengacu pada paper yang terpublikasi pada jurnal internasional yang memiliki reputasi tinggi.

“Untuk ketiga kriteria pertama, kehadiran, dampak, dan keterbukaan, UGM menduduki peringkat pertama di Indonesia, serta peringkat kedua untuk aspek keunggulan,” kata Widyawan kepada Edupost.id.

Peringkat ini, menurutnya, menunjukkan pengakuan akan kinerja UGM dalam menghadirkan konten digital yang bermutu di dunia maya, sekaligus menjadi bentuk penghargaan bagi para penggiat teknologi informasi di UGM. Ia pun menganggap bahwa pemeringkatan ini bisa dijadikan sebagai benchmark terhadap institusi lain dan menjadi pendorong untuk perbaikan di waktu mendatang, terutama untuk meningkatkan kualitas di tingkat dunia sesuai dengan amanat dalam Rencana Strategis Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2015-2019. (Andi)

Check Also

Tim UGM juara kompetisi kesehatan nasional

Tim UGM Borong Juara di Kompetisi Kesehatan Nasional

Edupost.id – Delegasi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil memborong juara dalam kompetisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *