Rabu , 25 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / UI Ajak 20 Rektor se-Dunia Hadiri GreenMetric 2016

UI Ajak 20 Rektor se-Dunia Hadiri GreenMetric 2016

Edupost.id, Depok – Universitas Indonesia (UI) menggelar Internasional Workshop on UI GreenMetric 2016 kedua pada Kamis, (21/4) di Margo Hotel Depok. Lokakarya internasional yang bertajuk ‘Fostering Sustainable Culture in Global Universities’ dihadiri 20 pimpinan Perguruan Tinggi (PT) dari 16 negara. Mereka hadir untuk memaparkan perkembangan kampus dan budaya hijaunya. UI merupakan penggagas UI GreenMetric.

“40 persen area kampus kami terdiri dari bangunan dan 60 persen sisanya area hijau, ” ujar Rektor ITS, Joni Permana.

Sejumlah negara yang berpartisipasi yaitu Indonesia, Kanada, Irlandia, Saudi Arabia, Iran, Spanyol, Malaysia, Austria, Brazilia, Jepang, Thailand, Taiwan, Yordania, Hungaria, Turki, dan Meksiko. Agenda lainnya dalam lokakarya yaitu para rektor diajak mengunjungi fasilitas dan infrastruktur Green Campus di UI.

Rektor Universitas Zanjan Iran, Khalil Jamshidi mengungkapkan, kampusnya berusaha untuk memanfaatkan penggunaan air dengan baik. “Kami mencoba mengganti tanaman yang lebih membutuhkan banyak air. Kami bekerjasama dengan banyak pihak seperti NGO dan hasilnya untuk amal,” tambahnya.

Sementara, Ketua Tim Pemeringkatan universitas sedunia UI GreenMetric, Riri Fitri Sari mengharapkan, lokakarya internasional ini mampu membangkitkan semangat dan budaya global. Tujuannya untuk membangun dunia baru yang memperhatikan keberlanjutan kehidupan di planet bumi.

Pendapat serupa juga disampaikan Rektor Universiti Utama Malaysia (UMM), Mohammed Mustafa Ishak. “Kampus kami dibangun di area hutan. Maka kami mencoba bagaimana agar kami tidak merusaknya,” tegasnya. (Nisa)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *