Minggu , 28 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / UI Dianugerahi Predikat Kampus Terhijau se-Indonesia

UI Dianugerahi Predikat Kampus Terhijau se-Indonesia

Edupost.ID, Bogor – UI GreenMetric Ranking of World Universities mengumumkan, Universitas Indonesia (UI) sebagai kampus terhijau di Indonesia dengan skor 6,157.00 yang menduduki peringkat ke-33 di dunia. Hal ini disampaikan Rektor UI Muhammad Anis dan Ketua UI GreenMetric Riri Fitri Sari di Integrated Faculty Club UI kampus Depok pada Jumat lalu.

Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia juga berhasil masuk dalam 100 besar dunia yaitu Institut Pertanian Bogor dengan skor 6,130.00 di peringkat 36, diikuti Universitas Diponegoro dengan skor 5,989.00 di peringkat 45.

Sementara itu, peringkat Kampus Hijau Terbaik dunia  diraih oleh University of Nottingham (total skor 7,267.00), diikuti University of Connecticut (skor 7,156.00) dan peringkat tiga diraih oleh University of California, Davis (skor 7,134.00).

Peserta yang mengikuti UI GreenMetric Ranking of World Universities terdiri dari 407 perguran tinggi dari 65 negara pada tahun 2015. Terdapat pula beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2015, seperti Bangladesh, Iraq, Spanyol, El-Salvador dan Australia.

UI GreenMetric sendiri merupakan lembaga pemeringkatan yang telah diterima sebagai anggota IREG Observatory (International Ranking Expert Group) secara resmi pada Konferensi IREG-6 bulan April 2012 di Taipei. IREG adalah lembaga yang berpusat di Belgia berperan sebagai quality assurance (penjaminan mutu) lembaga pemeringkatan dengan program audit dan sertifikasi bagi lembaga pemeringkatan universitas sedunia.

Atma Dewita, Analyst UI GreenMetric mengatakan kepada Edupost.ID terkait proses seleksi dalam menentukan kampus terhijau melalui pengisian kuesioner (26/01), “Proses seleksi dilakukan dengan kuesioner. Untuk pengisian kuesioner UI GreenMetric biasanya buka pada bulan Juli atau Agustus awal yang diisi oleh pihak kampus” jelasnya.

Metodologi dan survei salah satunya dilakukan dengan bobot indikator penilaian yang terdiri dari Statistik Kehijauan Kampus, Pengelolaan Sampah, Energi dan Perubahan Iklim, Penggunaan Air, Transportasi, dan Pendidikan. (Iyas)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *