Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / UI Gelar Pemira IKM 2015 Melalui E-Vote

UI Gelar Pemira IKM 2015 Melalui E-Vote

Edupost.ID, Depok – Pemilihan Raya (Pemira) Ikatan Keluarga Mahasiswa Universitas Indonesia (IKM UI) 2015 sedang berlangsung di lingkungan civitas UI. Pemira tahun ini diadakan melalui e-vote atau pemilihan berbasis komputer . Tema yang diusung pemira kali ini yaitu ‘Cinta UI dan Indonesia’, panitia ingin mengangkat isu tentang kecintaan mahasiswa terhadap UI.

“Pendaftaran dimulai tanggal 12 Oktober sampai 19 Oktober 2015. Berkas yangn dikembalikan oleh calon akan diverifikasi tanggal 20 sampai 21 Oktober yang akan menghasilkan apakah tiap calon lulus seleksi berkas atau tidak dan berlanjut ke proses kampanye dan pemungutan suara melalui e-vote. Pemilihan berbasis komputer ini lebih cepat, namun tahapannya secara umum sama seperti pemilu di Indonsia,” ujar Syaukat Rafifi, Project Officer Pemira UI.

Syaukat menyebutkan, kampanye akan diadakan pada tanggal 4 – 27 November. Prosesi kampanye menjadi wadah bagi para calon dan warga dengan membentuk suatu forum dimana warga bebas mengajukan pertanyaan kepada calon. Wadah ini disebut juga sebagai eksplorasi yang dilakukan ke tiap fakultas, kemudian barulah diadakan pemungutan suara melalui e-vote untuk menentukan siapa BEM UI 2016.

Ia menambahkan, Pemira kali ini akan memilih Ketua BEM UI periode 2016 untuk suksesi dan edukasi. Menurut Syaukat, suksesi artinya kepemimpinan BEM tidak bisa dipegang oleh orang tertentu secara terus menerus serta kepemimpinan menjadi keniscayaan dalam hal ini. Sedangkan edukasi bisa diartikan sebagai pengingat program kerja BEM UI serta visi dan misi BEM UI.

Syaukat menyampaikan, persiapan yang dilakukan panitia meliputi publikasi, daftar pemilih, sistem dan lain-lain. Sementara itu, kendala yang muncul selama persiapan tidak terlalu banyak dirasakan oleh panitia, hanya saja UU Pemira sempat menuai perdebatan, namun sudah diselesaikan. Panitia berharap, Pemira kali ini akan melahirkan pemimpin yang bukan sekedar baru, tetapi juga pemimpin yang bisa diharapkan oleh seluruh civitas akademia UI dan Indonesia.  (Nisa)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *