Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / UI Gelar Simposium Bagi Peneliti Ilmu Material
UI-Gelar-Simposium-Bagi-Peneliti-Ilmu-Material
Peserta Simposium. (Foto: UI)

UI Gelar Simposium Bagi Peneliti Ilmu Material

Edupost.id – Universitas Indonesia (UI) menggelar Simposium bernama International Symposium on Current Progress in Functional Materials (ICSPFM) bagi Peneliti Ilmu Material yang berlangsung selama dua hari pada 26 – 27 Juli, di Bali. Simposium ini akan mempertemukan para peneliti dan pakar di bidang functional materials dari Asia, Eropa maupun Amerika. Tidak kurang dari 74 peneliti akan mempresentasikan karya ilmiahnya di forum internasional ini.

“Melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI) yang bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM UI) menggagas ICSPFM. Tema yang diusung Exploring the current progress in novel and functional materials for energy, environmental and health applications,” ujar Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti dalam siaran pers.

Menurut Rifelly, forum ini akan mendiskusikan perkembangan functional materials science atau biasa didefinisikan sebagai Ilmu Material/Bahan yang dimanfaatkan untuk properti dan fungsi tertentu. ICSPFM secara khusus akan membahas topik mengenai penyedia material untuk penyuplai energi alternatif, pelestarian lingkungan, perangkat elektronik dan peningkatan kualitas kesehatan.

“Diharapkan melalui wadah ini, UI dapat mempertemukan para pakar dan peneliti ilmu material agar dapat saling berdiskusi akan perkembangan ilmu hingga pada akhirnya hasil dari penelitian tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelaku industri dan memberikan kontribusi pada pembangunan Indonesia,” lanjutnya.

Semenatar Rektor UI, Muhammad Anis, menyampaikan UI berperan aktif sebagai pusat inovasi untuk menjawab tantangan yang dihadapi Indonesia, salah satunya mendorong perkembangan Ilmu Material. Diharapkan melalui wadah simposium ini, dapat tercipta kelompok riset baru tingkat global di bidang ilmu Material yang meliputi bidang spesialisasi metal dan alloy, keramik, polimer, material elektronik dan magnetik serta material komposit, serta menyebarluaskan hasilnya untuk pengembangan Ilmu Material dengan memperhatikan kelestarian lingkungan untuk kepentingan umat manusia.

“UI juga senantiasa berkomitmen menghasilkan sumber daya manusia yang berkompetensi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi bahan serta mampu bersaing di dunia internasional,” tegasnya. (UI/Nisa)

Check Also

Lulus-SBMPTN-Ini-Langkah-Selanjutnya

Ini Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UI Tahun 2017

Edupost.ID -Penerimaan mahasiswa baru sudah hampir bergulir. Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu perguruan tinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *