Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / UI Jadi Tuan Rumah Konferensi AUN-QA 2016
UI Jadi Tuan Rumah Konferensi AUN-QA 2016
UI Jadi Tuan Rumah Konferensi AUN-QA 2016 (foto: Nisa Edupost)

UI Jadi Tuan Rumah Konferensi AUN-QA 2016

Edupost.id, Depok– Universitas Indonesia (UI) menjadi tuan rumah penyelenggara Konferensi Internasional ASEAN Universiti Networl – Quality Assurance (AUN-QA) 2016, hari ini (28/3). Konferensi berlangsung pada 28-29 Maret 2016 di Balai Sidang UI, Depok. Konferensi tersebut bertujuan sebagai wadah diskusi terkait penjaminan mutu pendidikan tinggi.

Pemateri yang hadir yaitu Takahiro Saito dari Universitas Osaka, Wakil Direktur Asian Institut for Bioethics and Health Lawa, So Yoon Kim dan CEO QS Asia, Mandi Mok. “Salah satu tujuan pendidikan yaitu kualitas manusia. Mahasiswa harus mendapatkan pekerjaan baik di kampus maupun di lingkungan sekitar,” ujar Soo Yo Kim.

Konferensi juga menjadi saat yang penting agar Perguruan Tinggi (PT) dapat meningkatkan posisi tawar dalam menjawab tantangan serta persaingan di tingkat global. Terkait hal tersebut yaitu setelah memasuki era ASEAN Community dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Konferensi ini terbuka bagi para sivitas akademika di seluruh Indonesia, juga terbuka bagi negara anggota ASEAN, serta para asesor dan calon asesor AUN-QA.

Tema yang diusung yaitu “Fostering Quality Education Improvement in Our Universities for ASEAN Community – Post 2015”. AUN sendiri beranggotakan 30 PT negara ASEAN dan empat diantaranya merupakan PT dari Indonesia yaitu UI, UGM, ITB, dan Unair.

Memasuki era MEA, seluruh sivitas akademika dituntut untuk membuktikan kiprahnya di dunia pendidikan. UI sendiri telah membuktikannya dengan mendapatkan peringkat ke-79 dalam “Top 100 of the 2015 QS University Rankings for Asia”.

“Terdapat indikator dalam menentukan ranking sebuah universitas. Indikator 50 persen berdasarkan opini dan 50 persen berdasarkan data,” tutur Mandy Mok. (Nisa)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *