Selasa , 28 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / UI Kumpulkan 163 Peneliti se-Asia untuk Kolaborasi Riset Global
Peserta Asian Researcher Symposium 2016 di UI
Peserta Asian Researcher Symposium 2016 di UI

UI Kumpulkan 163 Peneliti se-Asia untuk Kolaborasi Riset Global

Edupost.id, Depok – Universitas Indonesia (UI) mengadakan Simposium Internasional yang menampilkan hasil temuan peneliti se-Asia. Kegiatan yang mengusung tema “1st Asian Researcher Symposium 2016: Asian Role in Sustainable World Development 2016” ini berlangsung Senin-Selasa (25-26/4). Dalam simposium ini hadir tidak kurang dari 163 peneliti dari sejumlah negara di Asia diantaranya Singapura, Malaysia, Thailand, India, Filipina, Vietnam, Korea Selatan dan Jepang.

UI sendiri menghadirkan 72 peneliti dari tiga kluster ilmu yaitu Kesehatan, Sains dan Teknologi serta Sosial Humaniora. Pembukaan simposium internasional dihadiri Wakil Rektor UI bidang akademik dan kemahasiswaan Bambang Wibawarta serta Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Ainun Na’im di Balai Sidang UI Kampus Depok, hari ini (25/4).

“Selama bertahun-tahun hingga kini, UI telah mengembangkan kerjasama internasional dengan perguruan tinggi di berbagai belahan dunia. Kerjasama tersebut khususnya pada pengembangan penelitian mengingat UI sebagai think tank Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas penelitian yang mampu berkontribusi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia di tingkat nasional, regional maupun global, ” papar Rektor UI, Muhammad Anis seperti yang disampaikan Bambang.

Pada kluster ilmu Kesehatan, sebanyak 32 penelitian dipresentasikan diantaranya penelitian mengenai infertilitas, penyakit Kanker, Diabetes, gigi dan mulut serta lainnya. Pada kluster Sains dan Teknologi terdapat 51 hasil penelitian yang ditampilkan, diantaranya pengolahan limbah sampah, sistem ketahanan pangan, temuan udang terpapar logam berat di Malaysia,bioengineering dan lain sebagainya. Sedangkan, pada kluster ilmu Sosial dan Humaniora terdapat 80 temuan penelitian yang dipresentasikan diantaranya transformasi kampanye Turn Back Crime di Indonesia, faktor pendorong motivasi memberi zakat, peran kegiatan CSR di Indonesia.

Diharapkan melalui acara ini, UI dapat meningkatkan reputasi periset handal di Indonesia agar semakin terpapar di tingkat internasional. Selain itu, mampu memacu mobilitas staf asing ke UI dan mendorong terciptanya riset-riset internasional serta publikasi bersama internasional di masa mendatang. (Rifelly/ IK-SS)

Check Also

Sheffield student union

Beasiswa S2 di Inggris dari Allan dan Nesta Ferguson

Edupost.id – Beasiswa S2 di Inggris secara penuh diberikan melalui Allan & Nesta Ferguson Charitable Trust Masters Scholarship. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *