Selasa , 21 November 2017
Home / Kabar Kampus / UI Naik Peringkat ke-54 Perguruan Tinggi di Asia
Universitas Indonesia (UI)
Universitas Indonesia (UI)

UI Naik Peringkat ke-54 Perguruan Tinggi di Asia

Edupsot.id – Tahun ini Universitas Indonesia (UI) kembali masuk ke dalam jajaran top 100 universitas se-Asia dengan peringkat ke-54 menurut pemeringkatan QS Asia University Ranking. Posisi ini naik dari tahun sebelumnya yang menduduki peringkat 67.

Pemeringkatan ini dilakukan terhadap lebih dari 400 perguruan tinggi dari 17 negara di Asia dan 23 Perguruan Tinggi di Indonesia. Daftar pemeringkatan dapat dilihat lengkap di laman http://www.topuniversities.com/university-rankings .

UI unggul pada indikator “International Faculty” yang menunjukkan bahwa para akademisi maupun peneliti dari mancanegara tertarik untuk berbagi ilmu dan melakukan penelitian di UI. Setidaknya hingga pertengahan tahun 2017, terdapat 1.588 tenaga akademisi yang hadir ke UI untuk menjadi dosen, dosen tamu, peneliti tamu dalam rangka sharing knowledge kepada sivitas akademika UI.

Menanggapi prestasi ini, Rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met menyampaikan, “Kami berbangga hati atas pencapaian ini – dengan demikian secara tidak langsung menunjukkan bahwa institusi pendidikan di Indonesia telah direkognisi oleh dunia pendidikan di Asia”.

 

Pemeringkatan QS Asia University Rankings menggunakan sepuluh parameter dalam pemeringkatan yaitu Academic reputation (30%), Employer reputation (20%), Faculty/student ratio (15%)Citations per paper (10%) Paper per Faculty (10%).

Parameter lain adalah Staff with PhD  (5%), Inbound Exchange Students (2.5%), International Faculty (2.5%), International Student (2.5%)  dan Outbond Exchange Students (2.5%).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *