Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / UI Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia versi Webometrics
Universitas Indonesia (UI)
Universitas Indonesia (UI)

UI Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia versi Webometrics

Edupost.id – Universitas Indonesia (UI) kembali menduduki Peringkat Pertama Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Webometrics Ranking of World Universities 2017. Dalam rilis tersebut, UI juga meraih peringkat ke-14 di Asia Tenggara dan ke-955 di dunia. 

Capaian UI ini didasarkan atas empat indikator yaitu Presence merupakan jumlah halaman website yang terekam pada search engine (Google) ; Visibility merupakan jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine (Google) ; Openness merupakan jumlah file dokumen yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine (Google Scholar) ; dan Excellence merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar.

Rektor UI, Muhammad Anis menyampaikan, “UI tengah menggiatkan kegiatan belajar mengajar serta penelitian yang ditunjang oleh Information Communication Technology (ICT). Salah satunya dengan pengembangan website untuk unduh jurnal dan peningkatan publikasi ilmiah nasional maupun internasional dari para sivitas akademika UI guna menyediakan akses transfer pengetahuan serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas secara meluas,” ulasnya.

Selain UI, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam lima terbaik di Indonesia versi Webometrics 2017 yaitu Universitas Gadjah Mada (peringkat 2 di Indonesia ; peringkat 1.004 di dunia), Institut Teknologi Bandung (peringkat 3 ; peringkat 1.209), Institut Pertanian Bogor (peringkat 4 ; peringkat 1.342) dan Universitas Brawijaya (peringkat 5 ; peringkat 1.870).

Webometrics merupakan sistem perangkingan Perguruan Tinggi se-dunia berbasis website. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 19.000 lembaga perguruan tinggi di dunia. Pengumuman dapat diakses pada laman : www.webometrics.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *