Jumat , 22 September 2017
Home / Kabar Kampus / UI Raih Medali Emas di Ajang Musik Internasional

UI Raih Medali Emas di Ajang Musik Internasional

Edupost.ID, Depok – Sejumlah mahasiswa, dosen dan alumni Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam vokal grup, Vocademia UI berhasil meraih medali emas pada kategori Pop & Acapella di ajang musik internasional, World-class Choir Competition. Kompetisi yang bertajuk 11th Busan Choral Festival & Competition ini berlangsung di Korea Selatan pada 14-17 Oktober lalu.

Kontingen Vocademia UI berjumlah 18 orang, diketuai A.G.Sudibyo, Kasubdit Pengembangan dan Pemberdayaan Seni Budaya UI. Vocademia UI membawakan rangkaian lagu pop yakni lagu Rather Be – Stay with Me – Sugar hasil karya Music Director dan Arranger Ronald Wilson dan Mia Ismi Halida. Pada Grand Prix Final, 17 Oktober lalu, Indonesia melalui Vocademia UI berhasil memenangkan persaingan ketat dengan vokal grup dari Filipina dan Korea. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari harmonisasi, keunikan dan kekompakan tim serta aransemen apik yang ditampilkan.

Vocademia UI merupakan vokal grup yang terdiri atas mahasiswa, alumni dan dosen dari UI yang didirikan secara resmi tahun 2013. Vokal grup ini berakar dari festival Bintang Pop UI yang diselenggarakan setiap tahunnya. UI menemukan sejumlah talenta-talenta musik terbaik dari Bintang Pop tersebut, dan kemudian mengembangkannya melalui festival dan kompetisi di tingkat nasional, maupun internasional.

Tahun ini adalah tahun ke 11 penyelenggaraan Busan Choral Festival & Competition dimana terdapat 30 choirs dengan total 950 anggota dari 9 negara yang berpartisipasi didalamnya. Sejumlah program seperti Outreach Concert, Choral Workshop, Gala Concert dan Peace Concert juga mewarnai kemeriahan festival ini. Busan Festival telah mempertemukan berbagai negara di dunia untuk berkumpul dalam satu ‘bahasa’ yaitu Musik. Kompetisi ini menghadirkan lima kategori yaitu Youth, Classical Mixed, Pop/Accapella, Ethnic, dan Classical Equal dengan melibatkan para juri yang berasal dari berbagai Negara seperti Kanada, Jerman, Korea dan Singapore. (IK-SS)

Check Also

kekerasan-seksual-anak

KPAI : Waspada! Kejahatan Seksual Makin Marak di Medsos

Edupost.id – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pornografi dan Cybercrime, Margaret Aliyatul Maimunah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *