Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / UII Peringkat Pertama PTS di Ajang PIMNAS 30
UII Peringkat 1 PTS di Ajang PIMNAS 30
UII Peringkat 1 PTS di Ajang PIMNAS 30

UII Peringkat Pertama PTS di Ajang PIMNAS 30

Edupost.id – Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil menempati peringkat pertama untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS) 30, di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, 23 27 Agustus 2017. PIMNAS 30 yang merupakan tahap final dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) KEMENRISTEKDIKTI Tahun 2017 diikuti oleh total 420 Tim dari 89 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Wakil Rektor III UII, Agus Taufiq, mengatakan, UII pada PIMNAS 30 berhasil meloloskan 6 Tim PKM yang terdiri dari 4 Tim PKM-Penelitian, 1 Tim PKM Pengabdian Masyarakat, dan 1 Tim PKM Karsa Cipta. Tim PKM Karsa Cipta dari Fakultas Teknologi Industri UII dengan judul ESHOTICS “Electronic Shake Bottle Heater Induction Electromagnetic System” Inovasi Botol Pemanas Air untuk Traveler, berhasil mendapatkan 1 Medali Emas kategori Poster dan 1 Medali Perunggu kategori Presentasi.

“Tim ini diketuai oleh Muhammad Iqbal Sabit (mahasiswa Program Studi Teknik Industri) dengan dosen pembimbing Setyawan Pratomo, S.T., M.T. (dosen Program Studi Teknik Elektro). Dengan raihan 1 Medali Emas dan 1 Medali Perunggu ini, UII berhasil menempati peringkat 1 untuk PTS di PIMNAS 30, ungkap Agus Taufiq, di Gedung Rektorat UII, Kamis (31/8).

Lebih lanjut Agus Taufiq menuturkan bahwa capaian ini memperbaiki capaian UII tahun lalu yang hanya menempati peringkat 2 untuk PTS pada perhelatan PIMNAS 29 di Institut Pertanian Bogor. Dengan capaian ini Ia berharap mampu terus mendorong minat dan semangat mahasiswa UII untuk semakin berprestasi di bidang PKM dan meraih medali di ajang PIMNAS tahun-tahun yang akan datang.

Dijelaakan Agus, untuk meningkatkan prestasi di bidang PKM, UII melalui Direktorat Pembinaan Bakat/Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa (DPBMKM) telah menyiapkan beberapa program unggulan yaitu workshop PKM, PKM CORNER, pemberian insentif PKM, dan juga konversi prestasi PKM ke poin SKS Akademik.

“Hal ini sangat penting karena prestasi di bidang PKM (raihan medali di PIMNAS) adalah salah satu inikator utama pemeringkatan Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi oleh KEMENRISTEKDIKTI, ungkapnya.

Agus Taufiq menambahkan bahwa pada pelaksanaan PIMNAS 30 yang lalu, UII juga mengajukan diri untuk menjadi kandidat tuan rumah pelaksanaan PIMNAS 31 di tahun 2018, bersaing dengan Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Jember. (Andi)

Check Also

Universitas Islam Indonesia (UII)

10 Mahasiswa UII Ikut Student Exchange di Malaysia

Edupost.id – Sepuluh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) mengikuti program Student Exchange …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *