Sabtu , 27 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / UIKA Gelar Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar

UIKA Gelar Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar

Edupost.id- Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Kota Bogor untuk ke-5 kalinya menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat dasar (KMD). Kegiatan berlangsung di Aula 3 UIKA, Jumat (27/01) hingga Rabu (01/02) mendatang serta terbagi dalam dua kategori yakni indoor dan outdoor.

 

KMD digelar dengan tujuan memberikan kesempatan mahasiswa perguruan UIKA yang ingin menjadi pembina pramuka atau guru pramuka. Sebanyak 71 orang peserta terdiri dari 57 mahasiswa perguruan UIKA dan 14 guru dari sekolah di Kota Bogor, kegiatan indoor digelar dari Jumat saampai Minggu.

 

Menurut Dedi Supriadi, Ketua Panitia KMD. Materi yang disampaikan yakni kepramukaan, anggaran rumah tangga pramuka, organisasi pramuka, sistem kelembagaan, penggalang, upacara siaga, penegak, serta pendega.

 

“Harapan kami, seusai latihan mahasiswa ataupun guru yang ikut serta KMD dapat mengaplikasikan ilmunya sesuai dengan yang tercantum di UUD Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pramuka,” jelas Dedi.

 

Ketua Kwarcap Gerakan Pramuka Kota Bogor sekaligus Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengatakan “Pramuka membawa hal-hal yang hebat untuk kehidupan dan bisa menghindari seseorang dari kegiatan negatif dengan mengikuti pramuka,” pungkas Ade.

 

Pramuka memberi kenyamanan karena mengajarkan berbagai ilmu kehidupan yang mamou membentuk generasi muda tanpa politik di dalamnya.

 

Sebab untuk menjadi pembina pramuka harus melalui jenjang sertifikasi salah satunya KMD, hingga mempunyai bekal wawasan dan ilny praktis menjadi pembina pramuka. (Inan)

Check Also

scout bazaar

Pramuka Asia Pasifik Luncurkan Situs Belanja Online

Edupost.id – Komite Pramuka se-Asia Pasifik sepakat untuk membuat situs belanja online khusus menjual atribut, alat atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *