Selasa , 30 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / UIN Jakarta Kirim 12 Mahasiswa ke Australia dan Korsel
Gedung Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Gedung Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Jakarta Kirim 12 Mahasiswa ke Australia dan Korsel

Edupost.id, Jakarta – UIN Syarif Hidayatullah Jakarta segera mengirim 12 mahasiswanya studi ke Australia dan Korea Selatan (Korsel) tahun 2016. Mereka dikirim ke Western Sydney Universty (WSU), Australia, UIN Jakarta akan mengirim belajar mahasiswa ke Kyungdong University, Korea Selatan. Mereka belajar melalui skema student exchange, sandwich program, dan shortcourse.

“Tahun ini, UIN Jakarta akan mengirimkan kembali belajar mahasiswa-mahasiswi yang memenuhi syarat untuk mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi luar negeri,” ujar Kepala Pusat Layanan Kerjasama Internasional UIN Jakarta Rachmat Baihaky.

Dari 12 mahasiswa, tambahnya, enam diantaranya dikirim ke WSU melalui skema sandwich program dan satu orang melalui skema student exchange. Sementara enam mahasiswa lainnya dikirim belajar melalui skema shortcourse ke Kyungdong University.Terkait pembiayaannya, pada skema student exchange, pihak WSU menanggung seluruh kebutuhan pembiayaan mahasiswa selama program berlangsung. Sedang pada skema sandwich progam, kebutuhan pembiayaan ditanggung UIN Jakarta.

“Komponen pembiayaan ditanggung mencakup living cost, tiket pulang-pergi, biaya perkuliahan, dan asurani,” jelasnya.

Adapun pembiayaan pada skema shortcourse akan menggunakan sistem cost-sharing antara UIN Jakarta dengan mahasiswa. Pada sistem tersebut, mahasiswa dengan IPK 3.51-4 UIN menanggung seluruh pembiayaan, mahasiswa dengan IPK 3,5, 70% dirtanggung sendiri dan 30% ditanggung UIN Jakarta. Sementara untuk mahasiswa dengan IPK 3.1-3.49, UIN 50% Jakarta dan mahasiswa 50

Perkuliahan melalui skema student exchange dan sandwich program sendiri ditarget mulai berlangsung Mei-September. Sementara untuk program short chourse, pihak kampus sedang membicarakan jadwal dengan pihak Kyungdong University.

Pihak kampus berharap agar program tersebut dapat membuat mahasiswa menambah pengalaman. “Lebih dari itu, kegiatan juga diharap menjadi bridging bagi mereka untuk bisa melanjutkan studi ke luar negeri,” ungkapnya. (UIN/Nisa)

Check Also

Forum Industri Pangan

Kemenristekdikti Gelar Forum Industri Pangan Menuju Kemandirian Pangan

Bogor – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI siap menjembatani terbangunnya konsep kolaborasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *