Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / UIN Mengadakan Debat Bahasa Inggris Mahasiswa Nasional

UIN Mengadakan Debat Bahasa Inggris Mahasiswa Nasional

Edupost.ID, Yogyakarta – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga mengadakan lomba debat Bahasa Inggris untuk mahasiswa tingkat nasional, SKEPTIC (Sunan Kalijaga English Debating Competition) pada Sabtu (18/4). Lomba yang diadakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga ini diikuti 72 mahasiswa dari 19 universitas di Indonesia.

“Metode yang digunakan adalah British Parliamentary,” kata Afifur Rochman, koordinator Lomba SKEPTIC.

Afif menjelaskan satu tim terdiri dari dua orang. Dalam sekali pertandingan terdapat 4 tim sekaligus. Kemudian dibagi menjadi tim pro (government) dan tim kontra (opposition). Masih dibagi lagi menjadi tim opening government, closing government, opening opposition dan closing opposition. Tema debat adalah keagamaan, contohnya adanya kelompok yang ingin memindah bangunan keagamaan.

“Peserta paling jauh dari UIN Makassar,” kata Fikry Ahmed, Ketua Steering Committee.

Ahmed menjelaskan, SKEPTIC merupakan bagian dari acara Festival Bahasa dan Budaya. Selain debat Bahasa Inggris, diadakan lomba puisi dan drama Bahasa Arab SMA/MA se-Jateng, dan lomba menyanyi Bahasa Perancis.

Lomba ini diikuti 36 tim yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Diantaranya, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, UIN Makassar, Universitas Gajah Mada, Institute Teknologi Bandung,dan lainnya.

Acara puncak akan diselenggarakan pada Minggu (19/4), pukul 20.00 WIB di Panggung Demokrasi. Dalam acara puncak tersebut akan diumumkan seluruh pemenang lomba serta akan ditampilkan juara lomba drama, puisi, dan menyanyi Bahasa Perancis.

“Bagus acaranya, chamber juga memadahi, well organized, penyambutannya keren banget. Semoga makin improve,” komentar salah satu peserta SKEPTIC yang berasal dari Sanata Dharma, Anoxia Festy.

“Kegiatan ini sebagai pemanasan sebelum nanti mengikuti kegiatan Pionir di Palu,” kata salah satu pendamping peserta dari UIN Surakarta. Beliau menjelaskan bahwa peserta enjoy dalam menjalani TC atau latihan.  (Nurfi)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *