Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / UIN Suka Dirikan Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara
UIN-Yogyakarta
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Suka Dirikan Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara

Edupost.id – Sebagai upaya memperjuangkan tetap tegaknya NKRI dan Pancasila, UIN Sunan Kalijaga kini telah mendirikan lembaga Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara. Ini dilakukan dengan terus berupaya mencari pembenaran berdasarkan nilai-nilai Islam dalam Al Qur’an dan Hadis.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof Drs KH.Yudian Wahyudi, MA, PhD menjelaskan, pembentukan Pusat Studi Pancasila ini dilandasi adanya kelompok yang ingin mengganti ideologi Pancasila. Kelompok-kelompok ini menurutnya hanya bisa dilawan oleh akademisi kampus, terutama kampus berbasis Islam.

“Sebab akademisi kampus seperti UIN lebih paham persoalan dalil keagamaan, yang kerap dijadikan dasar kelompok-kelompok tersebut,” ujarnya.

Yudian menjelaskan, Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara ini nantinya akan melakukan kajian-kajian yang berkelanjutan untuk menumbangkan argumen ke-Islaman yang dipakai kaum radikal. Seperti diketahui, saat ini mulai bermunculan kelompok radikal dan kelompok yang ingin mendirikan negara Khilafah dengan argumen ke-Islaman juga. Kajian ini berdasarkan Al Qur’an dan Hadis dalam bingkai keilmuan yang Integratif-Interkonektif.

Pada saatnya nanti, UIN Sunan Kalijaga juga akan membangun penguatan Pancasila melalui kerjasama-kerjasama dengan berbagai elemen, yakni sekolah-sekolah, pesantren, lembaga-lembaga pemerintah, lembaga-lembaga swadaya masyarakat, sampai ke masyarakat umum dari lapisan bawah sampai yang teratas. Malalui kerjasama-kerjasama ini nantinya akan banyak melahirkan generasi penerus bangsa yang mencintai NKRI dan Pancasila. (Andi)

Check Also

CFC UIN Suka, Ajang Promosi Prodi Kimia ke Masyarakat

CFC UIN Suka, Ajang Promosi Prodi Kimia ke Masyarakat

Edupost. id – Ajang Chemistry Festival & Competition (CFC) kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *