Kamis , 18 Oktober 2018
Home / Kabar Kampus / UIN Suka Terima 1.105 Mahasiswa Lewat SPAN-PTKIN
UIN-Yogyakarta
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Suka Terima 1.105 Mahasiswa Lewat SPAN-PTKIN

Edupost.id – Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga, Ridwan, menjelaskan, selain lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN, kampus ini juga menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

“Pada PMB 2018, UIN Sunan Kalijaga menyediakan kuota sebanyak 1.105 mahasiswa untuk jalur SPAN-PTKIN, dan 663 mahasiswa untuk UM-PTKIN. Kuota itu, dibuka untuk 24 Program Studi Agama dan Humaniora,” katanya.

Jalur ini merupakan jalur khusus prestasi yang dibuka di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), maupun Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia. Kedua jalur ini digelar secara serentak di bawah komando Kementerian Agama.

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Pendaftaran SPAN-PTKIN diawali dari pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) pada 30 Januari – 24 Februari 2018. Proses selanjutnya adalah verifikasi PDSS pada 2 Februari – 3 Maret 2018.

Pendaftaan siswa pada SPAN-PTKIN dilakukan pada 1 – 29 Maret 2018. Setelah itu dilanjutkan proses seleksi pada 9 – 25 April 2018. Hasil seleksinya akan diumumkan pada 1 Mei 2018. “Pengumuman pada 1 Mei, dan daftar ulang di kampus masing-masing pada 22 Mei,” imbuhnya.

Sementara, untuk pendaftaran UM-PTKIN, rencananya akan dibuka mulai 12 April – 8 Mei 2018. Ujian akan digelar pada 22 Mei dan hasilnya diumumkan pada 10 Juli.

Check Also

guru

49 Guru IPA Belajar Jadi Kepala Lab Sekolah di UIN Suka

Edupost.id – 49 orang guru mata pelajaran IPA dan Komputer dari berbagai instansi pendidikan mengikuti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=