Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / UIN Sunan Kalijaga Buka Jalur SNMPTN dan SBMPTN Jurusan Non Agama

UIN Sunan Kalijaga Buka Jalur SNMPTN dan SBMPTN Jurusan Non Agama

Edupost.ID, Yogyakarta – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi salah satu PTN di Yogyakarta yang membuka penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN-SBMPTN pada tahun ini. Namun, berbeda dengan PTN lain, kedua jalur penerimaan di UIN itu hanya berlaku terbatas untuk jurusan selain keagamaan. Sedangkan, bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar jurusan keagamaan dapat melalui jalur SBM-PTKIN, SPAN-PTKIN dan seleksi mandiri.

“Untuk jurusan agama bisa daftar melalui jalur SPAN-PTKIN, UMMPTKIN, atau Seleksi Mandiri. SNMPTN-SBMPTN untuk jalur selain agama,” ujar Wakil Rektor UIN Sunan Kalijaga bidang Akademik, Prof. Sutrisno.

Jalur SNMPTN-SBMPTN diperuntukkan untuk mendaftar pada dua fakultas di luar keagamaan. Kedua fakultas itu adalah Fakultas Sains dan Teknologi,  serta Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Fakultas Sains dan Teknologi memiliki 10 program studi yaitu Matematika, Pendidikan Matematika, Fisika, Pendidikan Fisika, Kimia, Pendidikan Kimia, Biologi, Pendidikan Biologi, Teknik Informatika, dan Teknik Industri. Sementara Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora terdiri dari Program Studi Psikologi, Sosiologi, dan Ilmu Komunikasi.

UIN Sunan Kalijaga tahun ini juga masih menerima mahasiswa Bidikmisi. Hanya saja untuk dapat memperoleh beasiswa Bidikmisi di UIN, perguruan tinggi islam yang sering disebut kampus putih ini menyaratkan mahasiswa harus terlebih dahulu diterima di UIN melalui jalur apapun. Setelah diterima sebagai mahasiswa, UIN akan melakukan penilaian dari sisi prestasi dan status ekonomi orang tua.

“Bidikmisi syaratnya harus mahasiswa berprestasi dan tidak mampu. Setelah diterima melalui jalur apa saja akan kami verivikasi,” kata Sutrisno. (Andi)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *