Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / UIN Sunan Kalijaga Kukuhkan Guru Profesional

UIN Sunan Kalijaga Kukuhkan Guru Profesional

Edupost.ID, Yogyakarta – Ribuan guru dari DIY dan beberapa daerah di Jawa Tengah memadati gedung Multi Purpose UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dengan berpakaian hitam putih mereka antusias mengikuti kegiatan Pengukuhan Guru Professional 2015, (12/11). Acara ini dihelat sebagai puncak acara Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2015 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

“Tahun ini, FITK UIN Sunan Kalijaga sebagai rayon Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) mendapat amanah dari Kementerian Agama untuk mengelola dan melaksanakan PLPG”, kata Dekan FITK UIN Sunan Kalijaga, Tasman Hamami.

Ditambahkannya, guru yang mengikuti PLPG di UIN Sunan Kalijaga adalah  guru Pendidikan Agama Islam (PAI) TK hingga SMA/SMK, serta guru yang mengajar di RA hingga MA. Guru-guru ini berasal dari wilayah DIY, Magelang, Klaten, dan Purworejo. Guru yang dimaksud adalah guru yang telah mengikuti Ujian Kompetensi Awal (UKA) baik guru kelas maupun guru mata pelajaran dengan jumlah 1.114 orang.

PLPG 2015 yang dilaksanakan di UIN Sunan Kalijaga telah berlangsung dalam tiga angkatan yang berlangsung sejak 15 Agustus hingga 24 September 2015. Para guru ini telah mengikuti PLPG salama 8 hari. Bobot materi yang diperoleh sebesar 90 jam pelajaran (JP). Rinciannya, 32 JP teori, 34 JP praktik, 20 JP ujian praktik, dan 4 JP ujian tulis. (Andi)

Check Also

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Edupost.id – Kadang orangtua atau guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan membaca kepada anak. Ada banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *