Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / UIN Sunan Kalijaga Tetapkan 193 Mahasiswa Penerima Bidikmisi
UIN-Yogyakarta
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga Tetapkan 193 Mahasiswa Penerima Bidikmisi

Edupost.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menetapkan 193 mahasiswa angkatan 2017 sebagai penerima beasiswa Bidikmisi. Penetapan ini telah melewati serangkaian proses, mulai wawancara hingga visitasi.

Kepala Bagian Kemahasiswaan UIN Suka, Boy Fendria Djadmika, menjelaskan pendaftar beasiswa Bidikmisi UIN Suka sejumlah 533 orang. Dari jumlah tersebut hanya 249 orang yang lolos seleksi wawancara oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama masing masing fakultas. Namun setelah dilakukan visitasi ke semua tempat tinggal mereka, tinggal 193 orang yang dinyatakan lolos.

Disebutkan Boy, 193 mahasiswa ini berasal dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya sebanyak 22 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 25 orang, Fakultas Syari’ah dan Hukum 29 orang, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 26 orang, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam 24 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 27 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora 17 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 23 orang.

“Sebagian besar orang tua mereka adalah buruh tani, buruh pabrik, buruh pasar, pedagang kecil, buruh srabutan, yang kondisi rumahnya memang memprihatinkan, bahkan ada yang belum memiliki rumah. Ada pula yang kondisi orang tua mereka sedang sakit. Sehingga bisa dipastikan 100% Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi memang layak menerimanya,” jelas Boy.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Waryono Abdul Ghafur mengatakan, penerima beasiswa Bidikmisi UIN Sunan Kalijaga akan terus didampingi untuk memastikan mereka semua bisa membagi waktu dengan baik antara kuliah, kegiatan ekstrakulikuler, dan intrakulikuler. Ia berharap, upaya Pemerintah memberikan beasiswa akan membuahkan hasil yang maksimal.

“Mereka diharapkan, selain bisa mencapai prestasi akademik dilihat dari IKP-nya juga berprestasi non-akademik sesuai minat dan bakat mereka,” ujarnya. Dana beasiswa akan segera cair setelah proses administrasi dari Bank Mandiri selesai. Setiap Mahasiswa akan menerima 6.6 juta tiap semester, dengan rincian 2,4 juta untuk membayar UKT dan 4,2 juta untuk uang saku.

Waryono menambahkan, untuk melatih kedisiplinan dan mendalami agama mahasiswa Bidikmisi, UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan lima Pondok Pesantren. Para Mahasiswa akan dipondokkan di pesantren-pesantren selama dua semester. (Andi)

Check Also

CFC UIN Suka, Ajang Promosi Prodi Kimia ke Masyarakat

CFC UIN Suka, Ajang Promosi Prodi Kimia ke Masyarakat

Edupost. id – Ajang Chemistry Festival & Competition (CFC) kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *