Jumat , 24 November 2017
Home / Kabar Kampus / UIN Yogyakarta Buka Program S2 Saintek
UIN-Yogyakarta
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Yogyakarta Buka Program S2 Saintek

Edupost.id, Yogyakarta – UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta saat ini tengah serius meningkatkan kualitas pendidikan sains dan teknologi. Untuk itu, mulai September 2016 kampus ini akan mulai membuka program pendidikan pasca sarjana bidang sains dan teknologi.

“Mulai September akan dibuka S2 saintek. Tapi secara bertahap, mulai satu prodi dulu,” ujar Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Yudian Wahyudi kepada Edupost.id.

Ditambahkan Yudian, program yang dibuka pertama kali adalah Teknik Informatika. Selanjutnya, secara bertahap seluruh prodi S1 yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi juga akan dibuka untuk program S2. “Kalau bisa, dalam masa jabatan saya akan dibuka sepuluh prodi S2 Saintek,” imbuh Yudian.

Kebijakan ini dibuat untuk membangkitkan kembali penguasaan keilmuan sains dan teknologi di kalangan umat islam. Seperti diketahui, penguasaan saintek di kalangan umat islam memang mengalami kemunduran.

Tidak hanya program S2, rrktor baru UIN Sunan Kalijaga ini juga tengah mewacanakan untuk melakukan inovasi di Fakultas Sains dan Teknologi. Nantinya seluruh dosen Fakultas Saintek harus menguasai Bahasa Arab. Hanya dengan bahasa ini, ilmu sains dan teknologi yang ada dalam Al Quran dapat dipelajari dengan baik dan menyeluruh. Seluruh calon dosen yang akan mengajar di Fakultas Saintek UIN kedepan harus siap mengikuti pelatihan Bahasa Arab. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *