Senin , 20 Februari 2017
Home / Kabar Kampus / UKM Taekowondo UMY Raih 3 Medali Internasional
UKM Taekowondo UMY Raih 3 Medali Internasional
UKM Taekowondo UMY Raih 3 Medali Internasional (foto: UMY)

UKM Taekowondo UMY Raih 3 Medali Internasional

Edupost.id- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil menjadi juara internasional di Badung, Bali. Kejuaraan yang dimaksud ialah Mangupura Invitasi Taekwondo Champioship 2017, yang diselenggarakan oleh Pengurus Kabupaten Taekwondo Indonesia (Pengkab TI) Badung minggu lalu.

Dalam kejuaraan yang dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Purna Krida Krobokan Badung, Bali, tiga dari empat mahasiswa perwakilan UMY berhasil mendapatkan 3 medali penghargaan. Amelia Dwi Juliani pada kategori Prestasi Kyourugi, under 73 putri berhasil mendapatkan medali emas. Wahyu Titis pada kategori yang sama over 73 putri berhasil meraih medali perak, dan Yogo Raharjo yang mengikuti kategori sama over 87 putra mendapatkan medali perunggu.

Sigit Kurniawan, manager tim menyayangkan bahwa Irga Afgani pada kategori Prestasi Poomsae belum mampu mendapatkan medali, namun dirinya bangga karena untuk pertama kalinya UKM Taekwondo UMY mampu menorehkan prestasi pada kejuaraan internasional. “Kejuaraan ini diikuti oleh 3 negara dari Indonesia, Timor Leste dan Malaysia, dengan total peserta lebih dari 1.000 peserta. Dari Indonesia sendiri peserta berasal dari Kalimantan, Nusa Tenggara Barat dan Timur, hingga ke Jawa,” jelas Sigit, di Biro Humas UMY, Selasa (14/2).

Sistem juara tidak didasarkan pada juara pertama, kedua dan ketiga. Namun berdasarkan poin yang didapat oleh peserta. “Dalam penilaian berdasarkan poin tersebut, ada kategori berapa poin yang bisa berhak mendapatkan medali emas, perak dan perunggu. Jika poinnya berada di bawah kategori, maka tidak mendapatkan medali,” ungkap Sigit.

Persiapan yang dilakukan para atlet untuk mengikuti kejuaraan sudah dimulai sejak 3 bulan sebelumnya. “Dalam seminggu para atlet melakukan latihan sebanyak lima kali, dengan rincian dua hari latihan fisik, dan tiga hari latihan teknik. Atlet yang dikirim ke kejuaraan di Badung, Bali ini merupakan atlet yang sebelumnya sudah berprestasi pada kejuaraan di Jogja beberapa bulan lalu,” ujar Sigit.

Sigit berharap UKM Taekwondo akan semakin dapat melebarkan sayap dan menorehkan prestasi lebih banyak lagi pada event tingkat nasional, bahkan Internasional. (Inan)

Check Also

Kompetisi Segmentasi Bisnis Berhadiah 13 Juta Rupiah

Kompetisi Segmentasi Bisnis Berhadiah 13 Juta Rupiah

Edupost.id- Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar kompetisi yang bertajuk “Strategi dan Inovasi Creativepreneur dalam Mewujudkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *