Minggu , 24 September 2017
Home / Kabar Kampus / UMM Miliki Pusat Pengembangan Apel Pertama di Indonesia

UMM Miliki Pusat Pengembangan Apel Pertama di Indonesia

MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat terobosan baru dengan mendirikan Pusat Riset Pengembangan Apel pertama di Indonesia. Launchingnya dihelat di Hotel UMM Inn pada Selasa lalu (19/5).

“Pendirian Pusat Riset Pengembangan Apel ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan pengembangan komoditas apel yang meliputi permasalahan pada kualitas lahan, produktivitas pohon, biaya produksi yang tinggi, modal yang terbatas, dan lain-lain,” kata Harun Rasyid, ketua program ini.

Rasyid menjelaskan, program UMM ini bertujuan untuk menggiatkan agribisnis apel, sehingga terjadi peningkatan produksi dan kualitas buah dari kebun-kebun apel.

“Dengan program ini diharapkan mampu memperoleh kualitas buah unggul sesuai standar codex internasional dengan produktivitas yang tinggi,” ujarnya.

Rasyid menambahkan, rancangan strategis pengembangan program ini bersifat komprehensif yang meliputi berbagai bidang dari hulu hingga hilir, meliputi; teknologi yang efisien dan efektif dalam pemeliharaan apel menuju apel organik, serta strategi manajemen penanganan hama dan penyakit.

Ia memaparkan, sejumlah bidang dalam program ini mendukung peningkatan kualitas apel yang diperoleh. “Bidang pascapanen yang bertujuan mendapatkan teknologi pasca panen apel yang dapat meningkatkan mutu dan daya simpan buah segar, serta buah olahan menjadi produk industri bernilai tinggi. Bidang Pengembangan Agrowisata yakni meningkatkan potensi kunjungan wisatawan ke kebun apel yang berkesinambungan,” jelasnya. (UMM/IL-SS)

Check Also

MAN Yogyakarta 1

Siswa MAN 1 Yogyakarta Borong Kejuaraan Lomba Bahasa Inggris

Edupost.id – Empat siswa MAN 1 Yogyakarta berhasil memborong banyak kejuaraan dalam Edsa Youth Competition …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *