Rabu , 13 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / UMM Temukan Tes Bahasa Inggris yang Lebih Murah dan Efektif

UMM Temukan Tes Bahasa Inggris yang Lebih Murah dan Efektif

MALANG- Sebuah terobosan baru berhasil diciptakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur. Tim mahasiswa ini membuat sebuah alat pengukur kemampuan berbahasa Inggris bagi mahasiswa maupun masyarakat yang diberi nama Test of Academic English Proficiency (TAEP).

Direktur Language Center (LC) UMM, Dr Masduki menyampaikan, hak paten alat tes (TAEP) tersebut sedang diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM pada awal tahun 2015.

Sebenarnya, alat ini belum mendapatkan hak paten, namun Komisi Eropa justru sudah mengakui alat tersebut yang dibuat UMM sejak tahun 2012.

“TAEP ini setara dengan alat Test of English as Foreign Language (TOEFL) maupun IELTS. Tahun lalu, mahasiswa UMM yang mengikuti program beasiswa Erasmus Mundus ke Eropa hanya melampirkan dokumen TAEP tanpa disertai TOEFL atau IELTS, namun tetap diakui oleh Komisi Eropa,” ujarnya, dilansir ROL.

Masduki menyebutkan, bentuk TAEP tidak jauh berbeda dengan alat pengukur lainnya, seperti TOEFL, IELTS, atau alat tes setara lainnya yang diberlakukan di banyak negara, sebab bentuk alat pengukurnya juga berupa tes pilihan ganda, lisan, dan isian.

Ia menjelaskan, perbedaan TAEP dengan alat pengukur lainnya ialah saat tes “listening”. TAEP memiliki suara aksen bahasa Inggris yang beragam karena UMM melibatkan mahasiswa dari berbagai belahan dunia, seperti Brasil, Italia, Jepang, Nigeria, Polandia, Prancis, Singapura, Spanyol, Uzbekistan, dan sejumlah negara lainnya untuk mengisi suara tes listening tersebut.

TAEP ini melibatkan mahasiswa dari berbagai negara di belahan dunia sehingga bisa dikatakan lebih globish atau Global English.

Masduki menjelaskan, alat tes ini biayanya murah, yakni hanya Rp50 ribu per test. TAEP juga sangat menguntungkan mahasiswa karena mereka bisa terhindar dari test TOFL atau IELTS ilegal atau palsu.

“Secara umum, biaya tes TOEFL dan IELTS rata-rata sekitar Rp500 ribu untuk sekali tes dan TAEP hanya Rp50 ribu, bahkan saya jamin mahasiswa atau masyarakat umum yang mampu mengerjakan soal-soal TAEP dan hasilnya bagus, pasti hasilnya akan bagus juga ketika mengikuti tes sejenis, termasuk yang diadakan TOEFL maupun IELTS,” paparnya. (RR/IK)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *